Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

TNI Raih Rekor MURI untuk Tari Gemu Famire Terbanyak di Indonesia

Pemecahan rekor MURI Tari Gemu Famire di Pendam IX/Udayana, Selasa (4/9/2018). (Foto: Instagram/ kodam_ix_udayana)

Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia atau MURI dengan melakukan senam Tari Gemu Famire di tiga zona waktu Indonesia secara serentak dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun TNI yang ke-73.

JAKARTA-KABARE.ID: Sebanyak 346.829 peserta yang terdiri dari TNI, pegawai negeri sipil di lingkungan TNI, Dharma Pertiwi, Pramuka, dan siswa binaan TNI meramaikan acara senam Tari Gemu Famire. Di Mabes TNI sendiri, peserta yang mengikuti senam sebanyak 14.300 orang.

Secara rinci, wilayah yang melaksanakan tari gemu Famire serentak adalah Kodam I/Bukit Barisan 26 ribu, Kodam II/Sriwijaya 19 ribu, Kodam III/Siliwangi 32 ribu, Kodam IV/Diponegoro 24 ribu, Kodam V/Brawijaya 28 ribu, Kodam VI/Mulawarman 18 ribu, Kodam IX/Udayana 18 ribu, Kodam XII/Tanjung Pura 17 ribu, Kodam XIII/Merdeka 19 ribu, Kodam XVII/Cendrawasih 12 ribu, Kodam XVIII/Kaswari 7 ribu, Kodam Iskandar Muda 12 ribu, dan Kodam Jaya 28 ribu.

“Pertama Tari Gemu Famire ini digelar dalam rangka menjaga, melestarikan budaya Indonesia. Kedua adalah bersama berolahraga di dalam tiga zona waktu di Indonesia,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta timur, Selasa (4/9/2018).

Baca juga: Atlet Terima Bonus Hingga Ajang Pemersatu di Asian Games 2018

Selain senam, Hadi juga memberikan penghargaan kepada pencipta lagu Gemu Famire, Frans Cornelius. Frans mengaku terharu atas penghargaan tersebut. “Ini merupakan bukti kalau TNI peduli dengan karya anak bangsa,” kata Frans.

Dalam melakukan Tari Gemu Famire, para peserta menggunakan seragam olahraga angkatan masing-masing baik TNI maupun Polri. Tak lupa mereka juga menggunakan selendang dan penutup atau ikat kepala ciri khas dari Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur. (bas)

Dari berbagai sumber

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post