Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Tips Makanan Tetap Segar Di Kulkas Selama Ramadhan

Bahan makanan harus diletakkan dengan tepat di dalam kulkas agar nutrisinya terjaga (Foto: Shutterstock)

Sisa makanan kaleng seperti kornet atau sarden bisa merusak makanan lainnya karena udara yang masuk pada kaleng terbuka bisa bercampur dengan bahan makanan lainnya. Untuk itu, pindahkan sisa makanan tersebut ke wadah tertutup.

JAKARTA-KABARE.ID: Saat Ramadhan, masyarakat cenderung membeli lebih banyak bahan makanan serta lebih sering belanja untuk kebutuhan sahur dan buka puasa.

Samsung dalam siaran pers mengatakan, 69 persen konsumen Indonesia semakin banyak berbelanja saat Ramadhan, terutama untuk bahan mentah, buah-buahan, sayur, dan sirup. Untuk mengoptimalkan kesegaran bahan makanan di bulan Ramadhan, berikut tips sederhana untuk mengelola penyimpanan di dalam lemari es:

Pertama, pastikan bahan makanan basah seperti daging, ikan, sayur, dan buah dibeli dalam kondisi baik. Bahan yang sudah dikupas dapat disimpan dalam plastik bersegel kedap udara agar terjaga kesegarannya dan dapat dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa.

Jika ada sisa makanan kaleng seperti kornet atau sarden, pindahkan sisa makanan tersebut ke wadah tertutup karena udara yang masuk pada kaleng terbuka bisa merusak makanan lainnya.

Selalu gunakan wadah tertutup untuk makanan yang akan diolah atau dikonsumsi dalam waktu dekat. Selain itu menyimpan makanan sesuai dengan jenis dan masa penggunaanya juga penting agar makanan bisa terpantau masa kadaluarsanya.

Terakhir, pisahkan bahan makanan yang dapat menimbulkan bau kedalam wadah khusus agar bau tidak bercampur dengan bahan makanan lain. (bas/ant)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post