Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Tim Bimasakti UGM Bawa Mobil Baru untuk Berlaga di Student Formula Jepang

Tim Bimasakti membawa mobil Bimasakti generasi ke-8 di ajang Student Formula SAE Jepang. (Foto: UGM)

Dalam kompetisi ini, Tim Bimasakti membawa mobil Bimasakti generasi ke-8 (BM-8) sebagai penyempurnaan dari mobil generasi sebelumnya.

JAKARTA – KABARE.ID: Bimasakti Racing Team UGM kembali akan berlaga di ajang prestisius Student Formula SAE Jepang. Dalam kompetisi ini, Tim Bimasakti membawa mobil Bimasakti generasi ke-8 (BM-8) sebagai penyempurnaan dari mobil generasi sebelumnya.

“Tim ini membuat mobil yang lebih ringan, lincah, aerodinamis, serta ergonomis,” ujar Muhammad Kamal Ardi Putra selaku ketua tim dalam keterangan resmi yang dikutip Kabare, Selasa (13/8/19).

Kamal menerangkan bahwa timnya menerapkan prinsip ergonomika pada bagian kokpit untuk mempermudah pengendalian mobil serta memperhatikan segi kenyamanan pengemudi

“Dengan memfokuskan pengembangan di bagian mesin, kami yakin bahwa performa mobil BM-8 ini lebih baik dan prestasi Tim Bimasakti akan meningkat dari tahun sebelumnya,” ungkap Kamal.

Baca juga: Alumni ITB Ubah Bahan Organik Jadi Material Bangunan

Bimasakti Racing Team sendiri didirikan pada 26 November 2010 dan merupakan tim pertama dari Indonesia yang mengikuti ajang perlombaan Student Formula SAE. Student Formula SAE merupakan kompetisi rancang bangun mobil formula tingkat mahasiswa yang diselenggarakan oleh Society of Automotive Engineers (SAE) internasional dan digelar di berbagai belahan dunia.

Pada tahun 2018, Bimasakti Racing Team UGM memperoleh peringkat ke-3 Bussiness Presentation Event serta Jama Chairman Award. Penghargaan Jama ini diberikan kepada tim yang berhasil melewati semua rangkaian perlombaan tanpa nilai penalti mulai dari registration, document submission, maupun technical inspection.

Prestasi lain yang juga berhasil dicapai oleh Tim Bimasakti dalam ajang tersebut yaitu 1st Place Endurance Event from Southeast Asia, 10th Place Skidpad Event, dan 26th Overall Rank of 2018 Student Formula Japan.

Dengan sederet prestasi yang telah diraih tim generasi sebelumnya, Kamal optimis pada tahun ini Tim Bimasakti dapat meraih hasil yang lebih baik. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post