Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Tiga Manfaat Dongeng pada Tumbuh Kembang Anak

Ilustrasi membacakan dongeng untuk anak (Pinterest)

Mendongeng dapat membantu anak berpikir secara terstruktur, menstimulasi kreativitas, memperkenalkan berbagai nuansa emosi, dan proses identifikasi. Proses ini, erat kaitannya dengan pembentukan pribadi positif ketika anak menjadi dewasa.

JAKARTA-KABARE.ID: Psikolog Anak, Kak Seto mengatakan, mendongeng dapat memberikan kedekatan antara anak dan orang tua jika dilakukan secara rutin.

"Membaca dan mendongeng berkontribusi dalam perkembangan anak, karena dapat mengaktifkan pusat emosi di otak dan melatih fokus perhatian mereka," kata Kak Seto dalam acara temu media Dongeng Musikal Pohon Impian Nivea #SentuhanIbu, di Ciputra Artpreneur Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Ada tiga hal yang penting untuk diketahui dalam manfaat mendongeng.

1. Memperkaya Bahasa
Bagi anak-anak yang baru duduk di bangku sekolah tentu belum terlalu kaya akan kata-kata. Ketika orang tua bercerita, ada bagian-bagian yang bisa menambahkan pengetahuan anak dari segi kosakata. Secara otomatis anak-anak akan bertanya kata-kata yang sulit dan tidak dimengerti kepada orang tuanya.

2. Mengembangkan Kecerdasan Kognitif
Kreativitas anak perlu digali untuk menambah pola pikirnya agar lebih aktif. Ketika orang tua mendongeng, ada urutan-urutan cerita yang semakin membuat anak penasaran. Di sini lah anak mulai menebak-nebak bahkan memberikan solusi terhadap masalah yang ada di cerita tersebut.

3. Nilai-nilai Moral
Biasanya dalam dongeng ada tokoh baik dan jahat. Di sini anak dituntut untuk membedakan perbuatan jahat dan baik. Perbuatan jahat tidak boleh ditiru, sedangkan perbuatan baik bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. (JPC/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post