Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Tidak Dekat dengan Orang Tua Buat Anak jadi Pemalu

Ilustrasi: Anak pemalu. (Pixabay)

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh orang tua di era digital ini, salah satunya dengan meluangkan waktu untuk bermain bersama secara fisik bersama anak.

JAKARTA-KABARE.ID: Kesibukan orang tua dan intensitas penggunaan teknologi seperti telepon genggam dan media sosial seringkali mempengaruhi kedekatan emosional antara orang tua dan anak.

Padahal hasil penelitian menunjukan bahwa anak yang mendapatkan kasih sayang dan dukungan orang tua akan tumbuh menjadi pribadi dengan sikap positif saat ia beranjak dewasa.

Hanny Muchtar Darta dalam buku Six Pillars of Positive Parenting menyebutkan bahwa emosional dan spiritual memberikan kontribusi sebesar 90 persen dalam kesuksesan seseorang. Sementara IQ hanya memberikan kontribusi sebesar 10 persen.

“Anak yang kurang kedekatan dengan orang tua cenderung menjadi anak yang murung dan tidak percaya diri ketika dewasa,” ujar Psikolog Anak Ayoe Sutomo M.Psi saat ditemui di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Psikolog Anak Ayoe Sutomo M.Psi (kedua dari kiri) dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh Cadbury di Jakarta, Selasa (11/12/2018). (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)


Ayoe menekankan bahwa potensi sukses seorang anak tergantung dengan berapa banyaknya kebersamaan bersama orang tua. Kebersamaan yang dia maksud adalah bermain, belajar, dan mengasah kreativitas.

“Belajar menerima kekalahan saat bermain juga sangat penting dalam perkembangan anak. Agar anak tidak tumbuh menjadi pribadi yang egois,” tandasnya. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post