Monday 8 May 2015 / 22:03
  • Hingga Jumat (3/4), 1.986 orang di Indonesia Positif Covid-19, 134 orang sembuh, dan 181 meninggal.
KABAR

Terlantar 10 Tahun, Warga Wasior Minta Pasar Sanduai Diaktifkan Lagi

Foto: Kabartimur.com

Pasar Sanduai yang dibangun Pemprov Papua Barat sudah hampir 10 tahun terlantar. Pasar itu dulunya merupakan pasar utama di Wondama sebelum mengalami kerusakan akibat banjir bandang pada tahun 2010.

WASIOR – KABARE.ID: Masyarakat Distrik Wasior, Kabupaten Teluk Wondama menginginkan Pasar Sanduai difungsikan kembali. Sebab, pasar yang dibangun Pemprov Papua Barat itu sudah hampir 10 tahun terlantar dan dijadikan kandang sapi oleh masyarakat sekitar. Pasar Sanduai dulunya merupakan pasar utama di Wondama sebelum mengalami kerusakan akibat banjir bandang pada tahun 2010 dan dibangun kembali pada tahun 2011.

Kepala Distrik Wasior Anthonius Alex Marani mengatakan, masyarakat ingin Pasar Sanduai difungsikan untuk menampung para pedagang khususnya yang selama ini berjualan di emperan jalan. Alex meminta dinas terkait secepatnya mengurus proses hibah aset dari Provinsi Papua Barat agar Pasar Sanduai bisa diambil alih oleh Pemkab Wondama.

“Pasar Sanduai harus difungsikan kembali. Sudah 10 tahun kami usul karena banyak pedagang-pedagang di kota Wasior yang jualan di emper-emper jalan karena tidak dapat tempat. Jadi jalau soal rekomendasi (hibah) dari provinsi mohon dinas terkait segera tindak lanjut. Kalau tidak kasih kewenangan ke kami untuk distrik yang urus itu ke provinsi, “ ujar Alex dalam forum Musrenbang Distrik Wasior, pada Selasa 18 Februari 2020.

Saat ini kota Wasior telah memiliki Pasar Iriati yang berstatus pasar sentral. Meski demikian, menurut Alex, Pasar Sanduai yang sempat dihantam banjir bandang pada 2010 silam perlu difungsikan kembali untuk menopang perkembangan kota. “Sebaiknya ada dua pasar (di kota Wasior), ada di Selatan dan ada di Utara. Pasar Sanduai itu untuk menampung pedagang dari utara, karena kalau ke Iriati itu terlalu jauh. Jadi yang dari arah utara seperti di Aisandami, Sobei dan dari bagian utara Wasior sendiri bisa ditampung di Pasar Sanduai, “ jelas Alex.

Pengaktifan kembali Pasar Sanduai mendapat dukungan dari DPRD Kabupaten Teluk Wondama. Ketua Komisi C, Remran Sinadia yang ikut hadir dalam Musrenbang berpendapat, Pasar Sanduai perlu difungsikan demi memudahkan akses jual beli bagi masyarakat di bagian utara kota Wasior. “Karena bangunannya sudah jadi sehingga memang harus ada upaya untuk aktifkan kembali pasar itu," kata Remran.

Berkenaan dengan Pasar Sanduai, Kepala Dinas Perindagkop, Ekbertson Karubuy menjelaskan, sejauh ini belum ada hibah aset dari Pemprov Papua Barat. Namun demikan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perindagkop Provinsi dan dipastikan Pasar Sanduai bisa diaktifkan kembali.

“Sudah ada langkah yang kami ambil yaitu memasang lampu (listrik). Jadi pasti Pasar Sanduai itu dioperasikan lagi untuk kita pindahkan pasar sore (di Waskam) untuk antisipasi kecelakaan. Nantinya Pasar Sanduai itu jadi pasar distrik sehingga dikelola oleh distrik. Sementara, kami akan mengelola Pasar Iriati karena itu pasar sentral," terang Ekber. (*)

 

Sumber: Kabartimur.com

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post