Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Tarian Mistis dari Pulau Roon

Tarian mistis Pulau Roon yang menceritakan tentang sosok raksasa bernama Suanggini. (Foto: Kontributor Kabare)

Saat tarian itu dimainkan, akan nampak sesosok bayangan misterius yang diyakini oleh masyarakat setempat sebagai nenek moyang mereka.

JAKARTA – KABARE.ID: Masyarakat di pulau Roon, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat punya tarian khas yang menceritakan kisah Suanggini, sosok nelayan raksasa yang mencari ikan di dasar laut.

Ketika Suanggini sedang mencari ikan, ia bertemu dengan dengan mahkluk laut yang menyerupai manusia. Masyarakat setempat menyebut mahkluk itu sebagai hantu laut dan mereka hidup bersama.

Suanggini diyakini masyarakat setempat sebagai nenek moyang mereka. Tulang belulang dengan ukuran besar yang diyakini milik Suanggini pun bisa dilihat wisatawan di daerah tersebut.

Lokasi tulang belulang Suanggini yang diyakini milik nenek moyang masyarakat Pulau Roon. (Foto: Kontributor Kabare) 


Tempat bersemayamnya tulang belulang tersebut diyakini adalah lokasi di mana Suanggini meninggal dunia. Ia diceritakan meninggal dunia karena terjatuh dari karang saat air laut surut.

Tarian adat ini tidak dimainkan sembarang waktu. Terakhir tarian ini dimainkan oleh anak-anak pulau Roon di dua acara besar, yakni saat berlangsunganya Festival Roon 2019 dan Peringatan HUT RI ke-74 pada 17 Agustus 2019 di Kota Wasior, ibu kota Kabupaten Teluk Wondama.

Deretan homestay cantik menambah kekayaan alam dan budaya bagi dunia pariwisata di Pulau Roon, Kabupaten Teluk Wondama. (Foto: Kontributor Kabare)


Kendati berbau mistis, tarian ini bisa jadi pengalaman baru bagi wisatawan yang hendak berwisata ke Pulau Roon. Apalagi kini pulau itu telah dilengkapi dengan homestay cantik yang tentunya menjadi nilai tambah bagi pariwisata di Pulau Roon. (bas)

 

Sumber: Kontributor Kabare
Editor: Baskoro Dien

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post