Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Tari Poco-poco Terbesar di Dunia Sambut Asian Games 2018

Menpora Imam Nahrawi di tengah sosialisasi pemecahan rekor dunia "The Largest Poco-Poco Dance" di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Kamis (10/5). (istimewa)

Indonesia akan menyambut pesta olahraga multi cabang Asian games 2018, dengan pemecahan rekor dunia untuk tari poco-poco terbesar di dunia.

JAKARTA-KABARE.ID: Sejumlah penari akan memecahkan rekor dunia Guinness World of Records (GWR) untuk tari poco-poco terbesar atau “The Largest Poco-Poco Dance” dalam rangka menyambut pesta olahraga multi cabang Asian Games 2018.

Pemecahan rekor yang rencananya dihelat pada 5 Agustus 2018 tersebut, akan diikuti sekitar 65 ribu peserta dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pelajar, anggota TNI/Polri, sanggar senam, dan masyarakat umum.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, selaku pihak penyelenggara mengatakan, lokasi pemecahan rekor dunia poco-poco terbesar ini akan menggunakan area sepanjang jalan protokol dari Istana Negara hingga Gelora Bung Karno.

“Pemecahan rekor ini adalah sebuah acara spektakuler menjelang Asian games sekaligus melestarikan budaya bangsa dan mengangkat harkat martabat Indonesiua di pentas dunia,” ujar Menpora Imam Nahrawi di Jakarta, Kamis (10/5), dikutip antaranews.com.

Menpora menambahkan, tujuan digelar acara ini juga untuk ‘mendemamkan’ lebih dulu, sebagai tanda bahwa Indonesia telah siap lahir batin untuk menjadi tuan rumah Asian Games yang baik.

Digemari Masyarakat

Senam Poco-Poco Nusantara yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenpora. (Foto: Kemenpora.go.id)

 

Dilansir sumber.com, tari poco-poco merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Maluku Utara. Tarian ini dikenal sebagai gerakan senam di antara lingkungan militer hingga kemudian berkembang menjadi sebuah tarian yang digemari seluruh masyarakat Indonesia.

Lagu pengiring tarian berjudul “Poco-poco” diciptakan oleh pria asal Ambon bernama Arie Sapulette. Gerakan tarian poco-poco adalah mundur ke belakang satu dua langkah dan maju ke depan satu dua langkah dan badan berputar di tempat sebanyak 360 derajat.

Saat ini, tarian poco-poco telah berkembang dengan pesat sehingga memiliki sekitar 50 variasi gerakan. Iringan musiknya pun menjadi beraneka ragam, mulai dari iringan musik versi dangdut, house music (disko), sampai cha-cha. (bas)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post