Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Tari Cak Rina dari Para Seniman

Antara Foto/Fikri Yusuf

Sejumlah seniman menampilkan Tari Cak Rina di Bentara Budaya Bali, Kamis (22/9) malam. Tarian Cak Rina merupakan salah satu bentuk tari kontemporer yang menggambarkan pertempuran antara Sugriwa dan Subali dalam penggalan cerita epos Ramayana.

Bali – Tari Cak Rina merupakan tarian Bali kontemporer yang pertama digarap Sardono W. Kusumo di Banjar Teges Kanginan Gianyar pada 1972. Seperti dikemukakan babadbali.com, ketika itu Sardono dan sejumlah seniman muda dari Taman Ismail Marzuki Jakarta memasukkan ide-ide gerak dan cerita baru ke dalam Cak ini.

Lampu-lampu cak yang berbentuk piramid diganti obor-obor yang dapat dibawa bergerak para pemain, sementara pola kakilitan cak masih tetap dipertahankan. Di dalam beberapa bagian dari adegan Cak Rina ini muncul anak-anak menari, sebagian ada yang telanjang yang kemudian menjadikan pagelaran ini sebuah kontroversi dan karya ini nyaris ditolak oleh para pengamat seni di Bali.

Mulai diterimanya garapan tari kontemporer seperti ini oleh kalangan penonton dan masyarakat setempat merupakan angin sejuk bagi pertumbuhan tari Kontemporer di Bali.

Editor: LOI

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post