Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Stres dan Bosan Bisa Bikin Imun Tubuh Berkurang, Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi: IST

Ada beberapa cara untuk mengatasi stres dan bosan saat menjalani physical distancing untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19). Salah satunya dengan melakukan kegiatan sesuai dengan hobi seperti menanam pohon di pekarangan rumah, memasak dan lainnya.

JAKARTA - KABARE.ID: Ketua Aliansi Telemedia Indonesia, Prof. dr. Pumawan mengatakan, kondisi stress bisa menurunkan imunitas tubuh manusia. Menurut dia, yang pertama harus dilakukan agar tidak stres dan bosan adalah dengan berpikir dan bertindak positif.

Selain itu, jelas dia, banyak hal yang bisa dilakukan di rumah agar tidak stres dan bosan. Misalnya melakukan kegiatan sesuai dengan hobi kita seperti menanam pohon di pekarangan rumah, memasak dan lainnya.

Kegiatan positif dan produktif lainnya pun bisa dilakukan, misalnya dengan membuat masker dari kain. Pasalnya, kata dia, masker dari kain itu sudah cukup karena Covid-19 menular bukan dari udara.

"Jadi sebenarnya masker kain, sepanjang sampai di rumah kita cuci dan diganti dengan yang sudah bersih tidak masalah," ujar Prof. dr. Pumawan dalam acara talkshow Mengatasi Kebosanan dan Mengelola Stres di saat Physical Distancing dan Isolasi Mandiri yang disiarkan langsung oleh BNPB, Minggu (29/3/2020).

Selain itu, kita juga bisa mengisi waktu dengan membersihkan rumah dan olahraga di rumah seperti yoga, pilates yang bisa dilakukan selama 30 menit.

"Jangan lupa juga kita berjemur. Bukan yang pagi, tapi yang jam 10.00- 15.00. Cukup dilakukan selama 15 menit. Itu bukan untuk mematikan virus, tapi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita," jelas dia.

Menurut dia, jika mengalami keresahan terkait dengan kondisi tubuh, bisa memanfaatkan layanan edukasi dan konsultasi secara interaktif atau online.

Kementerian Kesehatan RI telah bekerja sama dengan Aliansi Telemedik Indonesia (Atensi) memanfaatkan telemedik yang berbasis internet untuk memberikan beberapa pelayanan terkait Coronovirus disease 2019 atau Covid-19.

Ada 12 perusahaan digital yang tergabung dalam Atensi untuk bersinergi dengan pemerintah. Perusahan tersebut DokterSehat, Alodokter, Halodoc, SehatQ, KlikDokter, Good Doctor Technology Indonesia, ProSehat, Link Medis Sehat, Klinikgo, Perawatku.id, Aveecena dan Docquity.

Jangkauan layanan telemedik ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah-wilayah terindikasi rawan penyebaran Covid-19. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post