Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Status dari UNESCO Menarik Investor untuk Membangun Ombilin sebagai Destinasi Wisata

Bekas Pertambangan Ombilin Sawahlunto ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO. (Foto: dok. Kemenpar RI)

Jika sudah mendapatkan status dari UNESCO sebagai warisan dunia, maka akan mudah bagi Indonesia untuk menjual dan memasarkan Ombilin sebagai destinasi wisata.

JAKARTA-KABARE.ID: Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan apresiasi tertinggi atas diakuinya bekas lokasi pertambangan Ombilin di Sawahlunto, Sumatera Barat, sebagai warisan dunia kategori budaya oleh UNESCO.

“Selamat, Ombilin di Sawahlunto sudah ditetapkan salah satu warisan budaya oleh UNESCO,” kata Menpar Arief Yahya dalam keterangan resmi Kemenpar, Selasa (9/7).

Menpar mengatakan, jika sudah mendapatkan status dari UNESCO maka akan sangat mudah untuk menjual dan memasarkan Ombilin sebagai destinasi wisata. “Status itu sangat penting. Karena akan mempermudah untuk menarik investor, juga menarik wisatawan datang,” katanya.

Ombilin menambah koleksi Indonesia yang saat ini memiliki empat warisan dunia kategori alam yakni Taman Nasional Komodo (1991), Taman Nasional Lorentz (1999), Hutan Tropis Sumatera (2004), dan Taman Nasional Ujung Kulon (1991).

Selain itu, Indonesia sudah punya empat warisan dunia kategori budaya, yaitu Candi Borobudur (1991), Candi Prambanan (1991), Situs Sangiran (1996), dan sistem Subak di Bali pada tahun 2012. (*)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post