Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Sroto Klamud, Soto Unik dari Purbalingga

instagram.com/srotoklamudtoyareja

Soto umumnya disajikan di mangkuk. Namun, sroto klamud khas Purbalingga ini disajikan di dalam wadah kelapa muda. Unik, kan?

JAKARTA – KABARE.ID: Jika Anda seorang pecinta kuliner, maka patut mencoba sroto klamud, makanan khas Purbalingga.

Jika dilihat dari kuahnya, makanan ini memang serupa dengan soto pada umumnya. Bedanya isian sroto klamud dicampur dengan kelapa muda dan dihidangkan dengan wadah buah kelapa muda. Nama klamud sendiri merupakan singkatan dari kelapa muda.

Meskipun menggunakan batok kelapa, kuahnya tidak menggunakan air kelapa karena akan memberikan rasa asam. Selain itu, wadahnya juga digunakan hanya sekali pakai.

Jika soto biasanya dihidangkan dengan nasi atau ketupat, sroto klamud ini menggunakan ciwel. Ciwel adalah jajan pasar berwarna hitam yang terbuat dari tepung singkong yang direndam dalam cairan rendaman jerami padi. Ciwel ini memiliki tekstur yang kenyal sehingga menghasilkan kombinasi yang menarik.

Sroto klamud juga tidak menggunakan bihun seperti umumnya soto, melainkan menggunakan parutan kelapa muda. Proses pengolahannya juga unik, di mana daging kelapa muda yang diserut ditaburi garam kemudian dikukus selama 30 menit agar rasa mentahnya hilang.

Salah satu warung makan sroto klamud yang terkenal di Purbalingga adalah sroto klamud Hadiyah Rubi Wahyun di Jalan Toyareja, Dusun 1, Toyareja, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Buka dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 18.00 sore, sroto klamud ini selalu ramai pembeli. Sroto klamud dengan daging ayam ini dihargai seharga Rp18 ribu sedangkan babat atau daging sapi seharga Rp20 ribu.

Nah, sroto klamud ini wajib Anda coba ketika berkunjung ke tanah ngapak, agar bisa merasakan cita rasa baru dalam dunia persotoan!

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post