Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Sri Mulyani Terpukau Keindahan Raja Ampat

Photo by IG @smindrawati

Di sela kunjungan kerjanya di Papua, Menteri Keuangan Seri Mulyani menyempatkan diri mengunjungi destinasi kelas dunia yang jadi perbincangan para turis, pada 12 Januari lalu. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu pun mengaku terpesona dengan keindahan Raja Ampat.

PAPUA-KABARE.ID: Raja Ampat adalah tempat maha indah di ujung kepala burung Papua. Demikian pujian yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dalam akun instagram pribadinya, @smindrawati, Senin (21/1/2019).

 “Pada kunker ke Sorong, Papua Barat, saya merasa perlu mengunjungi tempat yang begitu indah, yang telah diabadikan dalam uang pecahan Rp100 ribu. Dan memang benar, tempatnya sangat indah,” ujarnya, seperti yang tertulis pada caption unggahan di Instagram.

Menteri yang akrab disapa Ani ini juga menjejakkan kaki dan membasahi badannya di Pasir Timbul. “Pada saat Anda menjejakkan kaki di Pasir Timbul, semua beban pikiran terasa hanyut dalam arus laut biru. Pasir putih bersih dan langit biru sempurna. A truly wonderful Indonesia!,” ujarnya.

Raja Ampat memang indah. Kepopuleran pulau di wilayah Papua Barat ini sudah lama dikenal wisatawan mancanegara. Lokasinya yang jauh, tak menyurutkan para pelancong untuk menikmati keindahan yang tersaji di sana.

Baca juga: Ponaryo Astaman dan Charis Yulianto Puji Keindahan Natuna

Ada beberapa titik yang bisa dinikmati wisatawan saat berkunjung ke Raja Ampat, antara lain Laguna Bintang, Arborek, Misool, Sawing Rai, Wayag, dan Piaynemo.

Sesuai namanya, Laguna Bintang adalah sebuah laguna berbentuk bintang, dengan air berwarna hijau toska. Bentuk bintang ini bukan buatan manusia, melainkan tercipta secara alami. Namun, untuk bisa melihat bentuk laguna secara utuh, wisatawan harus naik ke atas bukit.

Orang bilang, ke Raja Ampat kurang lengkap jika tak mengunjungi Arborek. Tempat ini menyajikan pantai landai dengan ombak yang tenang, air laut yang jernih kebiruan, serta hamparan pasir putih lengkap dengan nyiur melambai.

Tak hanya di darat, keindahan Arborek juga bisa dinikmati dari bawah laut. Arborek menjadi salah satu spot diving terbaik di Raja Ampat. Wisatawan bisa menikmati ikan-ikan cantik di antara terumbu karang yang masih terjaga. Sesekali, wisatawan juga bisa melihat kelebatan ikan pari melayang-layang di dalam air.

Baca juga: Sasar Wisman, Indonesia Buka Restoran di Tiongkok

Lanjut ke Misool, kecantikan pulau ini juga tak kalah menarik dari titik lain di Raja Ampat. Pemandangan darat dan laut benar-benar memanjakan mata, hingga pengunjung tak bosan berlibur ke sana. Uniknya, di sini wisatawan bisa menemukan hiu berjalan atau kalabia. Di sini juga terdapat lukisan purba misterius berupa gambar telapak tangan, ikan, perahu, dan lain-lain.

Jika sempat singgah ke Sawing Rai, wisatawan bisa melakukan aktivitas snorkeling dan mengenal budaya lokal masyarakat setempat. Paling menarik, dari sini wisatawan bisa menikmati atraksi bird watching. Pengunjung bisa melihat keindahan burung cendrawasih tanpa perlu menggunakan alat bantu teropong.

Sementara bagi wisatawan yang ingin menikmati gugusan pulau karang yang eksotis, Wayag tempatnya. Di sini, pengunjung wajib mendaki pulau karang yang bisa diselesaikan selama 30 menit. Rasa lelah bisa langsung terobati dengan keindahan alam yang terpampang di depan mata.

Jika kurang puas, tempat lain yang menyajikan pulau karang adalah Pianemo. Gugusan pulau karang membentang di lautan, seperti surga kecil di tanah Papua. Presiden Joko Widodo pun pernah berkunjung ke sini. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post