Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Snack Bar dari Bulu Ayam untuk Penderita Leukimia

Ilustrasi: Snack bar. (IST)

Snack bar yang diberi nama Herba ini memiliki kandungan quercetin, protein, dan vitamin yang diklaim mampu memperpanjang harapan hidup penderita leukemia.

JAKARTA – KABARE.ID: Lutvi Abdullah mahasiswa program studi Analisis Kimia Sekolah Vokasi (SV) IPB University angkatan 53 berhasil membuat snack bar yang dibuat dari bulu ayam untuk penderita leukemia.

“Kandungan quercetin yang terdapat dalam bulu ayam, protein nabati sekaligus vitamin yang terdapat dalam produk, membuat snack bar ini dapat mentransmisikan energi ke seluruh sel,” ujar Lutvi belum lama ini.

Ia menjelaskan, Herba dapat ditransfusikan secara berkala, artinya snack bar ini dapat dikonsumsi langsung atau dibuat larutan. Karena mudah larut, kandungan quercetin, vitamin dan protein dapat ditransmisikan secara optimal ke seluruh tubuh.

Lutvi Abdullah, pembuat snack bar dari bulu ayam. (Foto: Humas IPB)


Untuk membuat Herba, bahan baku utama bulu ayam sudah diubah menjadi tepung terlebih dahulu. Bahan itu kemudian dikombinasikan  dengan bahan lainnya seperti kacang merah dan biji nangka.

Lutvi berharap inovasinya dapat didukung pemerintah sehingga memberikan bermanfaat dan dampak bagi sesama. "Karya ini aku persembahkan untuk Indonesia, karena aku berharap inovasi ini didukung oleh seluruh lapisan masyarakat termasuk pemerintah agar manfaatnya bisa dirasakan oleh semua orang," ungkap Lutvi. (*/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post