Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

Shihlin, Jajanan Khas Taiwan Dapat Sertifikat Halal MUI

Shihlin Taiwan Street Snacks mendapat sertifikat halal dari MUI dengan akreditasi A. (Foto: Shihlin)

Shihlin mendapat sertifikat halal dari MUI dengan akreditasi A.

JAKARTA – KABARE.ID: Shihlin Taiwan Street Snack, jajanan khas Taiwan di Indonesia berhasil mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI, Lukmanul Hakim menjelaskan bahwa Shihlin telah memiliki sistem jaminan halal di mana seluruh produk, mulai dari bahan baku hingga proses pengolahan dan penyajian terbukti halal.

“Shihlin dalam penilaian kami teruji halal dan hasilnya akreditasi A,” kata Lukmanul Hakim dalam konferensi pers di Mal Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Proses mendapatkan sertifikasi halal dimulai dari pengajuan dari kantor pusat ke MUI yang akan memeriksa semua gerai Shihlin di Indonesia. Proses pemeriksaan harus menyeluruh untuk memastikan semua proses dan bahan yang dipakai terbukti halal.

“Tidak boleh ada bahan haram atau diduga haram. Semua bahan harus halal. Prosesnya dan barang – barang yang dipakai juga halal,” kata Lukmanul, seraya menambahkan, restoran yang sudah mendapatkan sertifikasi halal juga tidak boleh menyediakan minuman beralkohol.  

Pencapaian besar

Shihlin mendapat beberapa penghargaan dan sertifikat sepanjang tahun 2019. (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)


Selain sertifikat halal dari MUI, Shihlin juga meraih beberapa pencapaian besar sepanjang tahun 2019. Pencapaian itu antara lain: Superbrands Indonesia 2019 untuk kategori Food & Beverage Counter, Top Brand Award 2019 untuk kategori snack ayam, dan sertifikasi ISO 9001:2015. 

“Dengan penghargaan dan sertifikat tersebut kami berharap ke depannya dapat terus menjadi penyedia jajanan ayam cepat saji khas Taiwan pilihan masyarakat Indonesia yang tidak hanya lezat dan praktis namun juga memiliki standar kualitas tinggi,” ujar Janes Sudarto, Direktur Utama Shihlin Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, I Nyoman Susila – Managing Director TUV Rheinland Indonesia mengatakan, sertifikasi ISO 9001:2015 yang diraih oleh Shihlin terkait sistem manajemen mutu. Sertifikat tersebut diberikan berdasarkan audit yang dilaksanakan 2 kali di bulan Juli dan Agustus 2019. Penilaiannya terkait komitmen top management, bagaimana perusahaan merencanakan sistem dan implementasinya, di dapur, gerai dan pabrik.

"Hal yang kami lihat di Shinlin adalah pengembangan produknya yang inovatif, begitu juga dengan jenis produk dan resepnya. Dari hasil audit itu, kami membuat laporan bahwa sistem managemen Shinlin sudah sesuai sertifikat ISO 9001. Sertifikat ini berkalu untuk 3 tahun, tetapi setiap tahun akan diriview kembali. Mudah - mudahan kedepannya kualitas produk dan pelayanan Shihlin terhadap konsumennya semakin meningkat," kata I Nyoman Susila.

Tren jajanan kekinian

Janes Sudarto, Direktur Utama Shihlin Indonesia dalam acara konferensi pers di Jakarta. (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien).


Hadir pertama kali di Indonesia pada 2008, saat ini Shihlin telah memiliki 135 gerai yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatra, dan Kalimantan. “Di tahun ini kami menargetkan untuk menambah 70 gerai baru. Sehingga pada akhir tahun 2020 akan ada 205 gerai Shihlin di seluruh Indonesia,” ujar Janes Sudarto, Direktur Utama Shihlin Indonesia .

Janes menjelaskan, Shihlin secara konsisten mengimpor bumbu langsung dari Taiwan untuk menjaga keaslian dan kekhasan cita rasa. Sedangkan untuk bahan inti seperti daging ayam, jamur dan ubi, Shihlin menggunakan bahan baku lokal yang segar dengan proses seleksi supplier yang ketat.

Saat disinggung tentang tren makanan sehat, Janes menjelaskan, Shihlin akan melihat sejauh apa perkembangan tren tersebut. "Sebetulnya setiap tiga bulan sekali kami punya menu baru, tetapi jika tren makanan sehat ini terus naik, tidak menutup kemungkinan Shihlin akan mengeluarkan varian tersebut. Bagitu juga dengan tren minuman boba, kalau memang trennya naik terus, kami juga akan ikut. Tapi untuk saat ini belum," ujarnya. 

Lebih lanjut, Janes menjelaskan bahwa untuk tahun ini Shihlin akan fokus untuk menambah gerai dan mempertahankan kualitas yang sudah diraih. "Ya fokus kami tahun ini menambah gerai dan mempertahankan kualitas. Satu lagi, di tahun ini, Shihlin juga akan mengeluarkan varian baru dan pilihan bumbu yang lebih banyak," tandasnya. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post