Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Sering Sikat Gigi Tapi Masih Bau Mulut? Ini Penyebabnya

Ilustrasi. (Istimewa)

Salah satu penyebab bau mulut adalah sisa-sisa makanan yang membusuk di sela-sela gigi berlubang.

JAKARTA-KABARE.ID: Spesialis ortodonti dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), drg. Nada Ismah, Sp.Ort mengatakan, menyikat gigi menjadi salah satu cara mengurangi bau mulut, terutama saat berpuasa. Namun, beberapa contoh kasus, menyikat gigi saja tidak cukup untuk menghilangkan bau mulut.

“Bau mulut salah satu penyebabnya sisa-sisa makanan membusuk. Cek juga, jangan-jangan ada lubang gigi kemasukan kotoran lalu terjadi pembusukan” ujar Nada dikutip antaranews.com, Senin (21/5).

Segera menambal gigi berlubang adalah keputusan yang benar. “Lubang gigi penyebabnya kotoran yang tidak dibersihkan, bisa merusak email hingga dentin,” katanya.

Selain masalah lubang di gigi, karang pada gigi juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Untuk itu ia menganjurkan masyarakat menyikat gigi dengan cara yang benar, perbanyak meminum air putih, dan menggunakan obat kumur bila perlu.

“Sikat gigi khususnya setelah sahur dan sebelum tidur, khawatir terselip makanan. Obat kumur boleh tapi pilih yang tidak ada alkohol, karena (alkohol) bisa membuat mulut kering,” kata Nada. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post