Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Sempat Berhenti, Festival Kuliner Betawi Kembali Diselenggarakan

Soto Betawi. (Instagram/rm.sundakelapa)

Sempat terhenti pada 2013, Festival Kuliner Betawi kembali digelar oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan. Festival ini akan berlangsung di PPSB Kecamatan tebet mulai dari pukul 9 pagi.

JAKARTA-KABARE.ID: Buat kamu yang suka makan, jangan lewatkan Festival Kuliner Betawi yang akan diselenggarakan di Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB), Kecamatan Tebet, Jalan Asem Baris, Jakarta Selatan pada 24 Juli 2018.

“Ini adalah bentuk acara yang efektif untuk mempromosikan panganan khas Betawi. Festival ini terakhir diselenggarakan pada 2013,” ujar Plt Kepala Seksi Kebudayaan Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan, Yuyu Wahyudin di Jakarta, Kamis (19/7/2018), seperti dikutip Antaranews.com.

Yuyu menambahkan, festival ini nantinya akan dimeriahkan aneka kuliner Betawi, seperti kerak telor, pecak ikan mas, soto Betawi, dan makanan lainnya.  Selama festival berlangsung, acara akan diisi dengan lomba masak dari perwakilan 10 kecamatan di Jakarta Selatan, demo memasak, stan pameran, dan acara hiburan.

“Juri lomba masaknya berasal dari akademisi, pemerhati budaya Betawi, dan praktisi kuliner,” ujar Yuyu.  

Ia berharap, setiap kecamatan di Jakarta Selatan bisa partisipasi untuk mengirim perwakilan. “Sekarang di tiap kecamatan, ada satu unit UMKM (usaha, mikro, kecil, menengah) OK OCE (satu Kecamatan, Satu Pusat Kewirausahaan), nanti para peserta akan digerakkan dari sana,” ujarnya

Festival Kuliner Betawi merupakan rangkaian acara Gebyar Budaya Betawi yang diadakan tahun ini oleh Suku Dinas Pariwisata dan Budaya Jakarta Selatan. Rangkaian acara lainnya adalah Festival Batik, Festival Pencak Silat, dan Festival Kerak Telor.

Festival Batik sendiri telah diselenggarakan pada 5 Juni di Pal Batu, Kelurahan Menteng Dalam, Jakarta Selatan. “Antusiasme pengunjung cukup baik. Festival itu sengaja dibuat karena walau motif batik Pal Batu sudah lama diciptakan, tetapi belum banyajk yang kenal,” ujarnya. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post