Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Sekda Denny Simbar : Pemeriksaan BPK, Pimpinan OPD Dilarang Keluar Daerah

Foto: Kontributor Kabare

Pimpinan OPD Kabupaten Teluk Wondama dilarang keluar daerah karena akan ada pemeiksaan dari BPK.

WONDAMA – KABARE.ID: Sekretaris Daerah Kabupaten Teluk Wondama Denny Simbar menginstruksikan semua pimpinan OPD agar tidak meninggalkan Teluk Wondama.

Pasalnya, mulai tanggal 6 - 25 Februari 2020 akan diadakan audit BPK terhadap LKPD Tahun 2019. Hal ini disampaikan oleh Sekda ketika memimpin apel pada hari Senin (3/2/2020)  di kompleks perkantoran Isei Rasiei. Sekda juga meminta untuk Pimpinan OPD, PPK dan PPTK untuk mendampingi BPK, memberikan keterangan yang diperlukan jika dibutuhkan oleh auditor dari BPK pada saat klarifikasi di lapangan.

“Pimpinan OPD dilarang untuk keluar daerah kecuali mendapat izin khusus dari Bupati, Wakil Bupati atau Sekda dengan pertimbangan urgensi perjalanan dinas,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Teluk Wondama, Denny Simbar, kepada kontributor Kabare di Wondama, Selasa (4/2/2020).

Sekda mencontohkan jika ada rapat koordinasi yang tidak bisa diwakilkan, boleh meminta izin. Namun jika hanya undangan biasa, bisa diwakilkan kepada staf. “Kehadiran pimpinan OPD ini penting karena kapasitas pimpinan OPD sebagai pengguna anggaran yang harus dan wajib memberikan keterangan kepada BPK,” jelas Denny.

Dalam kesempatan itu pula Sekda juga meminta kepada OPD untuk percepatan realisasi APBD 2020 seperti input paket-paket Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ)  pada aplikasi seperti SiRUP.

“Pasalnya untuk OPD sangat kurang dalam pengimputan aplikasi PBJ sehingga sudah diingatkan oleh KPK. Ini juga ada kaitannya dengan pengajuan Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen dan Pelaksana Teknis Kegiatan ada mengalami keterlambatan atau belum rampung seluruhnya,” kata Sekda lagi. (era)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post