Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Sejarah pun Dipermainkan Demi Toean Besar

Ilustrasi: Toean Besar. (Pixabay)

Toean Besar adalah judul pentas teater yang akan dibawakan oleh Butet Kartaredjasa bersama kawan-kawannya. Lakon ini bercerita tentang kebohongan demi mencapai tujuan.

JAKARTA – KABARE.ID: Kelompok teater “Indonesia Kita” yang digawangi oleh Butet Kartaredjasa, Agus Noor, Djaduk Ferianto, dan Putu Fajar Arcana akan pentas pada akhir bulan ini. Mereka akan tampil membawakan lakon “Toean Besar” di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, pada 20 – 21 September 2019.

Lakon ini bercerita tentang kejadian kasak-kusuk di dalam Istana di sebuah Negeri. Sebuah kabar yang menggegerkan karena seseorang yang disebut-sebut sebagai “Toean Besar” akan datang. Kabar ini membuat panik banyak orang. Dari bawahan sampai Kepala Istana dipenuhi kesibukan bercampur rasa penasaran.

Toean Besar adalah seseorang dengan sosok yang misterius. Ada yang mengatakan, “Toean Besar adalah orang yang super kaya dan mau menggelontorkan modalnya untuk kepentingan rakyat”.

Ada pula yang menambahkan, “Toean Besar itu, selain kaya raya, juga ganteng dan bertubuh besar”. Mendengar namanya disebut saja, sudah membuat banyak orang di lingkungan Istana sigap dan ingin mengambil kesempatan untuk bertemu, meskipun hanya untuk berfoto bersama.

Siapa sebenarnya Toean Besar, tak ada yang benar-benar mengetahui. Namun kasak-kusuk yang berlangsung pada akhirnya memicu timbulnya sikap saling mempengaruhi dan perilaku juga ikut berubah. Bermacam intrik dan kekonyolan mulai terjadi.

Untuk bisa bertemu Toean Besar, ada yang mengubah penampilan agar status sosial meningkat, ada pula yang nekat menyamar menjadi sang Toean Besar dan mengaku-aku dirinya sebagai Toean Besar.

Ketika orang mulai mengubah diri, tak hanya gaya dan penampilan, tetapi identitas diri dan sikap juga berubah. Ada yang semula bermusuhan berubah menjadi berteman, ada pula yang tadinya kompak, tiba-tiba menikung begitu melihat peluang. Mereka akhirnya saling berbohong dan saling menipu. Dan sejarahpun ikut dipermainkan, demi mencapai tujuan.

Ada yang spesial di lakon ini, bersama aktor dan komedian, seperti Cak Lontong, Marwoto, dan Akbar, para wartawan dari beberapa media nasional ikut tampil dalam pentas Toean Besar.

Toean Besar akan pentas dua kali, pada 20 dan 21 September, pukul 20.00 WIB. Harga tiket untuk pentas ini dimulai dari Rp150 ribu untuk kelas balkon hingga Rp750 ribu untuk kelas Platinum. (bas)

 

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post