Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Sedert Artis Ikut Memecahkan Rekor MURI 5000 Orang Membatik dengan Canting

Pemecahan rekor membatik yang melibatkan 5.000 anggota tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI dan Hari Batik Nasional. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Sejak 2 Oktober 2009, batik tulis telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) milik Indonesia.

JAKARTA-KABARE.ID: Sederet artis ternama, mulai dari Krisdayanti, Vina Panduwinata, Harvey Malaiholo, Judika, Maya Hasan, hingga Cinta Laura ikut memeriahkan pemecahan rekor MURI “5.000 Orang Membatik dengan Canting” di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (2/10/2018).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober sekaligus HUT Ke-73 TNI Tahun 2018.

“Selamat Hari Batik Nasional,” tulis Judika dalam unggahan di akun Instagram @jud1ka.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan, pemecahan rekor MURI membatik dengan canting dilakukan sebagai wujud syukur masih dilestarikannya budaya Indonesia yang diakui dunia.

"Semua ini dilakukan sebagai wujud kecintaan kita akan batik budaya kita. Batik merupakan budaya indonesia yang diturunkan sejak ratusan tahun yang lalu," kata Hadi seperti dikutip Antaranews.com.

Pemecahan Rekor MURI Membatik dengan Canting melibatkan Ibu-ibu dari Dharma Pertiwi, beserta unsurnya yakni Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, PIA Ardhya Garini, IKKT Pragati Wira Anggini.

Selain itu juga diramaikan Ibu-ibu Bhayangkari, Ibu-ibu dari Dharma Wanita Kementerian dan Lembaga, Ibu-ibu dari Majelis Taklim dan unsur-unsur wanita lainnya. Kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan dalam melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Mengangkat tema "Dharma Pertiwi Membatik, Perekat Kebhinekaan Nusantara" acara ini turut dihadiri Kepala Staf Angkatan dan Pejabat Tinggi TNI. Kegiatan itu juga dihadiri Ibu-ibu dari OASE, Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ketua Umum Persit Kartika Chandra, Ketua Umum Jalasenastri dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusjarah TNI yang dipimpin oleh Kapusjarah Brigjen TNI Darwin Haroen selaku Ketua Penyelenggara bekerja sama dengan Anne Avantie Manajemen, yang bertujuan untuk mewujudkan jiwa nasionalisme dengan memperkenalkan seni dan budaya membatik. (ant/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post