Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Savana Doro Ncanga, Nuansa Afrika di Bumi NTB

Padang Savana Doro Ncanga yang mirip seperti di Afrika. (dok. Kemenpar RI)

Gunung Tambora di Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) menawarkan seribu satu keunikan yang menawan. Salah satunya Padang Savana Doro Ncanga yang mirip seperti di Afrika.

DOMPU-KABARE.ID: Destinasi unggulan yang terletak sebelah selatan kaki Gunung Tambora ini memang unik. Jika di Afrika wisatawan disuguhkan hewan liar, di Doro Ncanga wisatawan disuguhkan pemandangan hewan ternak yang dilepas liar oleh pemiliknya.

Sapi, kerbau hingga kuda dapat ditemukan berkeliaran bebas mencari makan. Para pemiliknya pun tidak takut hewan peliharaannya ini tertukar atau pun hilang. Karena para ternak telah ditandai dengan simbol yang dicetak di badannya sesuai dengan ketentuan pemiliknya.

"Doro Ncanga menjadi destinasi yang pas bagi wisatawan pencinta fotografi. Jutaan hewan berkeliaran di padang savana setiap harinya menjadi objek foto yang eksotis. Apalagi dengan background Gunung Tambora yang indah," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Rabu (10/4).

Bonus lainnya adalah bebatuan hasil letusan gunung Tambora pada tahun 1815. Hamparan bebatuan ini membuat suasana semakin indah. Panas terik pun tak menyurutkan hewan-hewan ternak ini mencari makan. Kala siang mereka mendinginkan diri di beberapa mata air yang ada di Doro Ncanga.

Kepala Dinas Pariwisata, NTB, Lalu Mohammad Faozal menjelaskan bahwa pelepasan hewan ternak di padang savana tersebut sudah dilakukan turun-temurun. “Sudah puluhan tahun lamanya. Ini sudah menjadi sebuah budaya bagi warga Dompu,” ujarnya

Faozal menambahkan, hewan-hewan ternak di sini sangat mahir dalam menjelajahi savana. Bahkan mereka pandai mengatur waktu hidupnya sesuai dengan kebutuhan tanpa diatur oleh pemiliknya, mulai dari tidur, istirahat, makan, dan minum.

Ketika memasuki kawasan padang savana pada pukul 04.00 WITA, hewan ternak yang makan di kaki Gunung Tambora akan berjalan ribuan meter menuju pusat air minum di sekitar pinggir pantai.

Pada pukul 12.00 WITA, hewan ternak akan mengatur jadwal istirahat hingga sore hari. Sedangkan pada pukul 16.00 WITA, hewan-hewan tersebut akan kembali berjalan mencari makanan di sekitar kaki gunung.

Pemandangan padang savana di sore hari juga sangat menarik, karena akan terlihat ratusan ternak yang melintasi area padang savana. Bahkan pengguna jalan raya yang melintasi savana ini banyak yang turun dari kendaraannya untuk memotret momen ini.

"Tidak hanya di Padang Savana Doro Ncanga yang menjadi tempat pelepas hewan ternak, area kaki Gunung Tambora lain seperti di Padang Savana Saraenduha pun terjadi hal yang sama.. Silahkan datang dan rasakan sendiri sensasi berpetulang di Doro Ncanga," tandas Faozal. (rls/bas)

 

*Foto-foto: dok. Kemenpar

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post