Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Sambut Ramadan, Warga Desa Sindanglaya Gelar Liwet Sepanjang 700 Meter

Ilustrasi: tradisi Papajar atau makan liwet bersama. (Instagram)

Papajar adalah tradisi dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Kegiatan ini digelar sebagai ajang rekreasi sekaligus media untuk mempererat tali silaturahmi.

CIANJUR-KABARE.ID: Ratusan warga Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat melakukan papajar atau menyambut datangnya bulan suci Ramadan dengan menggelar liwet sepanjang 700 meter di jalan kampung wilayah tersebut, Sabtu (12/5/2018).

"Papajar merupakan tradisi warga Cianjur, dalam rangka menyambut datangnya bulan puasa. Kegiatan ngaliwet ini, sebagai ajang rekreasi sekaligus sebagai media untuk mempererat tali silaturahmi," kata Kepala Desa Sindanglaya, Yusuf Saefuloh dikutip antaranews.com.

Ia menambahkan, kegiatan bersama ini sudah dilaksanakan untuk kedua kalinya sejak tahun lalu. "Setiap warga dari tiap RT diwajibkan membawa nasi liwet beserta aneka lauk pauknya untuk dihidangkan di atas daun pisang yang disediakan panitia," kata Saefuloh.

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan penampilan pencak silat oleh pemuda setempat serta lomba qasidah yang di ikuti belasan kelompok pengajian.

Papajar Desa Sindanglaya digagas oleh pihak desa dan Karang Taruna Desa Sindanglaya. Dalam kegiatan ini, hadir sejumlah pejabat dari pemerintahan desa dan kecamatan dan didukung warga dari berbagai wilayah yang masuk ke Desa Sindanglaya. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post