Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

Rumah Kreatif BUMN, Bantu UKM Indonesia dengan E-Commerce

dok Bank Mandiri.

Kementerian BUMN sejak 2016 menginisiasi berbagai program sinergi BUMN, salah satunya yaitu Rumah Kreatif BUMN (RKB), sebuah wadah kolaborasi BUMN dalam membentuk ‘digital economy ecosystem’ melalui pembinaan UKM.

JAKARTA-KABARE.ID: Pertumbuhan pasar global menggeser paradigma bisnis nasional, di mana Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam memakmurkan ekonomi negara, baik melalui penciptaan lapangan kerja, mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta menciptakan inovasi baru. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada 2016 jumlah UMKM di Indonesia mencapai 59,7 juta yang didominasi oleh pelaku usaha mikro.

Sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khusunya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah, Kementerian BUMN bersama perusahaan milik negara membangun Rumah Kreatif BUMN (RKB) pada 2016 sebagai rumah bersama untuk berkumpul, belajar, dan membina para pelaku UMKM menjadi UKM Indonesia yang berkualitas.

RKB berperan sebagai pusat data dan informasi serta sebagai pusat edukasi, pengembangan, dan digitalisasi UKM. Tujuanya, membantu akses pemasaran UKM di Indonesia melalui digital e-commerce, serta melakukan proses pembinaan guna meningkatkan kualitas UKM. Diharapkan hal ini berdampak pada kemajuan dan peningkatan usaha UMKM, hingga akhirnya menciptakan sebuah digital economy ecosystem yang baik.

Bank Mandiri sebagai salah satu dari 25 BUMN yang ditunjuk ikut dalam program RKB mendapat kesempatan mendirikan 46 titik RKB yang tersebar diseluruh region. Saat ini sudah terealisasi sebanyak 19 RKB Bank Mandiri yang beroperasi melayani pelaku UMKM.

Daftar 19 RKB Bank Mandiri. (Sumber: Bank Mandiri)

 

Sementara pelaku UMKM yang telah terdaftar di RKB Bank Mandiri hingga saat ini berjumlah lebih dari 800 UMKM. Mereka telah memanfaatkan fasilitas pemasaran di situs blanja.com. Jumlah transaksi UMKM di blanja.com hingga saat ini mencapai 150 transaksi dengan volume penjualan sebesar Rp219 juta.

UMKM peserta RKB Mandiri juga berpotensi mendapatkan dukungan pendanaan dari Bank Mandiri dan perusahaan anak dalam bentuk produk KUR, Kredit Usaha Mikro, serta produk dan layanan perbankan penunjang usaha lainnya, termasuk investasi dari PT Mandiri Capital Indonesia bagi UMKM dalam bidang teknologi finansial. (*)
 

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post