Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Ridwan Kamil Usul Bangunan SD, SMP, dan SMA Dijadikan Satu Kompleks

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri acara Gebyar Dikbud di Kabupaten Garut, Sabtu (23/3/2019). (Foto: dok. garutkab.go.id)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengusulkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (Mendikbud) agar lokasi bangunan SD, SMP, dan SMA/SMK berada dalam satu lokasi.

GARUT-KABARE.ID: Hal ini dilakukan agar ada kemudahan bagi peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

"Ada gagasan yang sedang kami eksperimenkan dan kami mohon dukungannya. Misalkan kami ingin membangun SMP di atas bangunan SD atau bangunan SMA di atas bangunan SMP, sehingga lulus SMP tidak harus sibuk PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) kemana-mana lagi, cukup dilanjutkan bagi yang ingin melanjutkan," kata Ridwan Kamil, saat menghadiri acara Gebyar Dikbud di Kabupaten Garut, pada 23 Maret 2019.

Lebih lanjut, gubernur yang akrab disapa Emil itu mengtakan bahwa kebijakan tersebut akan menghemat biaya dan akan meng-cover angka partisipasi pendidikan yang lebih tinggi.

Namun, kata Emil, untuk mewujudkan gagasan tersebut ada kendala teknis. Di mana jenjang SD dan SMP ada dalam kewenangan pemerintah kabupaten/kota, sementara jenjang SMA/SMK dalam kewenangan pemerintah provinsi.

"Tapi ini urusan dunia, tidak sekaku itu dalam pandangan saya sebagai pemimpin di wilayah. Sehingga kami bisa menjamin akses pendidikan yang sekarang ini bisa semakin luas," tambahnya.

Selain Gubernur Jawa Barat, turut hadir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Aanggota Komisi X DPR RI, Bupati Garut, para pejabat Kemendikbud, dan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post