Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Rhenald Kasali dan Dewi Lestari Raih IKAPI Awards 2018

Penganugerahan IKAPI Awards 2018 yang berlangsung saat pembukaan IIBF 2018, Rabu (12/9/2018). (dok IKAPI)

Saat pembukaan IIBF 2018 kemarin, Rhenald Kasali dinobatkan sebagai “Writer of the Year”, sementara Dewi Lestari mendapatkan penghargaan “Book of the Year”. Selain itu, Pustaka Bergerak Indonesia juga mendapatkan IKAPI Awards 2018 kategori “Literacy Promoter”.

JAKARTA-KABARE.ID: Sejak delapan tahun terakhir, Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) menggelar IKAPI Awards, ajang penghargaan untuk para penulis buku dan pegiat literasi tanah air. Tahun ini, IKAPI Awards 2018 diberikan kepada penulis Rhenald Kasali dan Dewi Lestari, serta kelompok pegiat literasi Pustaka Bergerak Indonesia.

Penghargaan diumumkan dan diserahkan oleh Ketua Umum IKAPI, Rosidayati Rozalina, di acara pembukaan pameran Indonesia International Book Fair (IIBF), di Balai Sidang Jakarta/ Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (12/9/2018).

Rhenald Kasali meraih penghargaan Writer of The Year, Dewi “Dee” Lestari meraih penghargaan Book of The Year lewat novelnya Aroma Karsa, dan kelompok/komunitas Pustaka Bergerak Indonesia untuk kategori Literacy Promoter yang diterima oleh sang inisiator, Nirwan Ahmad Arsuka.

Baca juga: Mouly Surya Angkat “Jalan Tak Ada Ujung” ke Layar Lebar

Pustaka Bergerak Indonesia, atau biasa disebut Pustaka Bergerak, merupakan gerakan yang diinisiasi dan dilaksanakan oleh masyarakat secara aktif dan langsung. Di tengah minimnya minat baca dan daya beli masyarakat, berbagai unsur masyarakat di Pustaka Bergerak secara sukarela dan bahu-membahu meluangkan waktu, tenaga dan dana untuk meningkatkan minat dan aktifitas membaca masyarakat di pelosok negeri.

Komunitas yang berkantor pusat di sebuah ruangan di Perpustakaan Nasional ini menyediakan berbagai macam bacaan gratis ke daerah-daerah. CEO Mizan Digital Headquarter Syahrir menjelaskan, pemilihan promotor literasi biasanya mengacu pada tren literasi yang sedang berkembang di masyarakat.

“Kebetulan tahun ini pemerintah Jokowi juga sedang menggalakkan gerakan kirim buku ke pelosok Indonesia. Terpilihnya Pustaka Bergerak ini pas dengan gairah yang sedang berkembang di masyarakat,” kata Syahrir di sela-sela penganugerahan IKAPI Awards 2018.

Baca juga: Ratusan Acara Meramaikan Pameran Buku IIBF 2018

Untuk penghargaan “Book of The Year”, didasari pada buku-buku berkualitas yang laku di pasaran. “Jadi tidak hanya diminati dan laris di pasar, tapi juga harus berkualitas,” imbuh Syahrir. Tolok ukurnya adalah berisi pengetahuan, memperluas wawasan, dan menginspirasi masyarakat luas. Buku-buku Dee Lestari juga sebelumnya sudah banyak yang menjadi best seller, termasuk buku Aroma Karsa yang terbit Maret lalu. Seleksi dan penilaian oleh tim juri dilakukan sepanjang tahun 2018.

"Sungguh sebuah kehormatan #AromaKarsa dianugerahi Book of the Year 2018," tulis Dee dalam unggahan di Instagram pribadinya, Kamis (13/9/2018). Dalam unggah itu Dee juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung, khususnya kepada penerbit, toko buku, dan para pembaca.

Sedangkan untuk penghargaan “Writer of the Year”, IKAPI Awards menekankan pada serangkaian buku dari seorang penulis yang dinilai paling diminati oleh masyarakat. Akademisi dan praktisi bisnis Rhenald Kasali saat ini menghasilkan beberapa buku laris, di antaranya The Great Shifting dan serial buku Disruption. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post