Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Resep Soto Padang dengan Kuah Bumbu Asli Minang

Soto Padang. (Foto Istimewa)

Soto Padang menjadi salah satu makanan khas Sumatera Barat yang digemari banyak orang. Hidangan berkuah kaldu sapi ini biasanya memiliki isian daging sapi yang digoreng kering, bihun, dan juga perkedel kentang.

JAKARTA – KABARE.ID: Soto Padang memiliki rasa kuah yang segar dan aroma rempah yang khas. Anda bisa menambahkan sambal merah agar rasanya semakin pedas. Anda juga bisa memakai perasan jeruk nipis untuk menambah rasa asam.

Untuk membuat Soto Padang ternyata tidak terlalu sulit. Anda bisa memasak Soto Padang dengan bumbu asli khas Minang. Rasanya sangat menggugah selera. Berikut ulasan resepnya seperti dikutip melalui Instagram @indirapupu, Rabu (14/10/2020).

Bahan:
500 gr daging sapi iris melintang
1 sdm garam
5 cm lengkuas
5 cm jahe
2,5 liter air

Bahan Bumbu Halus:
10 bawang merah
6 bawang putih

Bahan Rempah:
3 butir kapulaga
3 butir cengkeh
1 bunga lawing
5 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
2 batang serai
Garam & gula
3 cm kunyit
Merica bubuk secukupnya
1 batang daun bawang iris sesuai selera

Toping Pelengkap:
Perkedel kentang
Kerupuk merah
Sambal
Soun
Seledri
Bawang goreng
Jeruk nipis

Cara Membuat:

1. Rebus daging (buang buih-buih di permukaan air rebusan) hingga empuk, kemudian tiriskan (bisa pakai metode 5.30.7) karena dagingnya digoreng lagi jadi tetep alot, kalau mau tidak digoreng tak masalah.

2. Tumis bumbu halus bersama bahan rempah (kecuali daun bawang) hingga harum kemudian masukkan ke panci berisi air bekas rebusan daging, kalau airnya dirasa kurang boleh tambah air lagi sesuai kebutuhan. Masak hingga mendidih, kemudian koreksi rasa. Masukkan irisan daun bawang, matikan api.

3. Siapkan mangkuk beri bahan lainnya, siram dengan kuah soto. Soto padang siap disajikan. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post