Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Resep Bubur Ayam Khas Cianjur, Makin Nikmat Pakai Ati Ampela

Bubur Ayam Cianjur. (Foto: Resep Koki)

Bubur ayam menjadi salah satu menu sarapan yang kerap dipilih banyak orang. Olahan nasi yang dimasak hingga lembek ini paling enak disajikan dengan suwiran ayam, kecap, sambal, kacang, cakwe, dan lainnya.

JAKARTA – KABARE.ID: Apalagi bubur ayam yang disajikan adalah khas Cianjur dan disantap dengan ati ampela. Keunikan dari bubur ayam Cianjur adalah disajikan dengan banyak toping, seperti kerupuk, kacang tanah goreng, seledri, bawang goreng, kecap asin, suwiran daging ayam, hingga cakwe. Toping yang paling khas adalah pepes daun bawang.

Kali ini, jika memilih bubur ayam Cianjur sebagai menu sarapan, Anda bisa membuat di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur ayam Cianjur juga mudah di dapat. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat bubur ayam Cianjur enak dan lezat? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @dapurkukulinermu, Jumat (16/10/2020).

Bahan:
Beras 1 cup
Air 8 cup
Garam 1 sdt
Serai, geprek 1 batang
Jahe, geprek l 1 ruas jari
Daun salam 1 lembar

Daun Bawang Bacem:
Daun bawang 4 batang
Air 1 gelas
Bawang merah 3 butir
Bawang putih 1 siung
Kunyit 1 ruas jari
Ketumbar 1/2 sdt
Garam 1/2 sdt
Gula 1/2 sdt
Minyak goreng 2 sdm

Cabai Giling:
5 cabai merah
10 cabai
1 siung bawang putih
1/2 sdt garam

Pelengkap:
Ayam suwir secukupnya
Ati ampela secukupnya
Kerupuk secukupnya
Kacang tanah goreng secukupnya
Bawang goreng secukupnya
Kecap asin secukupnya

Cara memasak

1. Bubur: Campur semua bahan, aduk rata lalu masak hingga lembut selama kurang lebih 45 menit dengan api sedang. Aduk sesekali agar tidak gosong dengan api paling kecil, jika sudah lembut matikan api

2. Baceman Bawang: blender bumbu, lalu tumis hingga harum. Tambahkan air, daun bawang, gula dan garam. Masak hingga air mendidih.

3. Cabai giling: Rebus semua bahan lalu blender halus dan tambahkan garam, aduk rata.

4. Penyelesaian: Ambil 1 sendok sayur bubur, tuang ke dalam mangkuk. Tuang sedikit kecap asin, tabur kerupuk sambil dikremes. Tambahkan 1 sdm kacang tanah goreng, ayam suwir, ati ampela, baceman bawang, dan cabe giling. Terakhir taburkan bawang goreng. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post