Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Rayakan Kelulusan Siswa dengan Pertunjukan Wayang Orang

Rayakan kelulusan dengan pertunjukan wayang orang. (Antara Foto/ Aji Styawan)

Sebuah SMK di daerah Demak, Jawa Tengah merayakan kelulusan hasil ujian nasional dengan pertunjukan wayang orang. Pentas wayang yang rutin digelar setiap tahun oleh pihak sekolah ini melibatkan 17 peserta yang melibatkan guru dan murid.

DEMAK-KABARE.CO: Sejumlah guru dan murid SMK N 1 Sayung mementaskan wayang orang dengan lakon "Sinta Lulus" saat pengumuman kelulusan hasil ujian nasional (UN) di Demak, Jawa Tengah, Selasa (2/5). Pementasan seni tersebut bertujuan agar para siswa tidak melakukan aksi pawai corat-coret di jalanan serta untuk menanamkan rasa cinta terhadap kebudayaan Indonesia.

Pentas wayang orang yang melibatkan 17 peserta ini terdiri dari guru dan murid. Mereka berperan menjadi beberapa karakter di antaranta Rama, Shinta, Rahwana, Indrajid.

“Cerita ini mengisahkan seorang murid yang bertahan dengan segala ujian dan proses yang sangat rumit. Pengorbanan bertahan dengan kondisi tersebut dibayar dengan kelulusan yang sepadan,” ucap Sutradara pentas, Maryoko yang juga guru Seni Budaya sekolah tersebut.

Maryoko menuturkan, pihak sekolah rutin menggelar acara serupa tiap tahunnya untuk mengalihkan kegiatan siswa yang kurang bermanfaat seperti, corat-coret dan konvoi di jalan. (bas)

Baskoro

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post