Monday 8 May 2015 / 22:03
  • Hingga Jumat (3/4), 1.986 orang di Indonesia Positif Covid-19, 134 orang sembuh, dan 181 meninggal.
KABAR

Raja Ampat dan Teluk Wondama Ditetapkan Sebagai Kabupaten Terbaik di Papua

Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati Menerima Penghargaan Kabupaten Terbaik di Tanah Papua dalam Ajang "SAKIP AWARD 2019 di Yogyakarta (Foto: Aken / DETIK Indonesia)

Sebelumnya, Raja Ampat hanya mendapat predikat CC, namun pada tahun 2019, Pemda Raja Ampat sukses meraih predikat B. Ini menjadikan Raja Ampat sebagai salah satu Kabupaten bersama Kabupaten Wondama yang mendapat rapor “B”.

YOGYAKARTA – KABARE.ID: Kabupaten Raja Ampat dan Kabupaten Teluk Wondama di Provinsi Papua Barat dinobatkan sebagai kabupaten terbaik di tanah Papua dalam ajang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah “SAKIP AWARD 2019” di Yogyakarta, Minggu (23/2/2020).

Sebelumnya, Raja Ampat hanya mendapat predikat CC, namun pada tahun 2019, Pemda Raja Ampat sukses memantapkan posisinya sehingga dapat meraih predikat B dalam soal Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Adanya perbaikan posisi tersebut menunjukan komitmen dan keseriusan Pemda Raja Ampat dalam mendorong efisiensi, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Selain itu juga, menjadikan Raja Ampat sebagai salah satu Kabupaten bersama Kabupaten Wondama yang mendapat rapor “B”.

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, yang juga didampingi Kepala Inspektorat Raja Ampat, Muhidin Tafalas dan Kepala BAPPEDA, Abdul Rahman Wairoi seusai menerima penghargaan menyatakan, sangat bengga karena penilaian ini sangat objektif dilakukan oleh BPK dan Kementerian/ Lembaga berkompeten.

“Karena di Papua Barat hanya dua Kabupaten yang dapat predikat B yaitu Raja Ampat dan Wondama, sedangkan di Provinsi Papua, tidak ada Kabupaten yang dapat predikat B. Ini sudah jelas bahwa indikator kinerja Pemerintah Daerah Raja Ampat sudah baik,” terang Abdul Faris Umlati yang akrab disapa AFU.

Bupati Raja Ampat itu juga menegaskan bahwa, Pemda akan terus bekerja keras lagi sehingga pada tahun mendatang Raja Ampat bisa mendapatkan predikat atau rapor A.

SAKIP Award merupakan sebuah ajang yang diinisiasi oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Satu bentuk apresiasi dan penyerahan hasil evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Daerah. Sebanyak 190 Pemerintah Daerah diberikan hasil evaluasi serta rekomendasi guna meningkatkan efektivitas, dan efisiensi penggunaan anggaran. (*)

 

Sumber: DETIK Indonesia

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post