Monday 8 May 2015 / 22:03
  • Hingga Jumat (3/4), 1.986 orang di Indonesia Positif Covid-19, 134 orang sembuh, dan 181 meninggal.
Pendidikan

Putra Bungsu Bupati Serang Ubah Kotoran Sapi Menjadi Bahan Bakar

Penelitian tersebut dibuat setelah melihat kondisi Pulau Tunda di Kabupaten Serang yang belum maksimal mendapatkan aliran listrik.

JAKARTA – KABARE.ID: Putra Bungsu Bupati Serang, Adam Sulaiman Al-Hasani meraih medali emas pada ajang Youth Activities for Superior Humanity (YASH) yang digelar di Manav Rachna University, New Delhi, India. Medali emas yang diraih Adam melalui research atau penelitian berjudul Modification of Gasoline Fuel Generator Into Biogas Fuel.

"Intinya Ade (Adam menyebut dirinya), mengubah genset listrik yang tadinya butuh bensin untuk menyala, diganti bahan bakarnya dari biogas yang berasal dari kotoran sapi," ungkap Adam, sebagaimana diberitakan Detik.com, Selasa (21/1/2020).

Adam mengatakan penelitiannya tersebut dibuat setelah melihat kondisi Pulau Tunda di Kabupaten Serang yang belum maksimal mendapatkan aliran listrik. "Soalnya di Pulau Tunda sudah dikasih genset, hanya mahal buat beli bensin atau bahan bakarnya," kata Adam.

Bukan hanya Pulau Tunda, Adam berharap, hasil penelitiannya bisa digunakan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia. "Ade melakukan research ini, soalnya masih banyak kampung di Indonesia yang belum terjangkau listrik," imbuhnya.

Menurut Informasi yang dihimpun, kegiatan International Science Exhibition tersebut, diikuti oleh 80 peserta dari empat negara, yakni India, Indonesia, Rusia, dan Nepal. (*)

 

Sumber: Detik.com

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post