Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Presiden Lantik Dubes Baru RI Untuk Nigeria

Presiden Jokowi menyaksikan pengambilan sumpah 2 hakim konstitusi, dan melantik Dubes RI untuk Nigeria, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (21/3) sore. (Foto: Agung/Humas setkab)

Dubes RI untuk Nigeria berkedudukan di Abuja (Nigeria), dan merangkap sebagai Duta Besar RI untuk sejulah negara di Afrika, seperti Burkina Faso, Gabon, Ghana, Kamerun, Kongo, dan Liberia.

JAKARTA-KABARE.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Republik Federal Nigeria, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (21/3) siang.

Didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden juga menjadi saksi acara Pengucapan Sumpah Hakim Konstitusi yang dilakukan beriringan dengan pelantikan Dubes Baru RI untuk Nigeria.

Usra Hendra Harahap dilantik sebagai Duta Besar LBBP Republik Indonesia untuk Republik Federal Nigeria. Sedangkan Aswanto dan Wahiduddin Adams membacakan sumpah jabatannya sebagai Hakim Konstitusi periode 2019-2024 di hadapan Presiden.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Aswanto dan Wahiduddin dalam sumpahnya di hadapan Presiden.

Aswanto dan Wahiduddin Adams merupakan hakim konstitusi periode 2014-2019 yang terpilih kembali secara aklamasi dalam fit and proper yang digelar Komisi II DPR RI, beberapa waktu lalu. Sedangkan Marsekal Muda TNI (Purn) Usra Hendra Harahap jabatan terakhirnya adalah Koordinator Staf Ahli Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU).

Usai mengucapkan sumpah, ketiganya memandatangani berita acara dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dimulai dari Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla. Hadir dalam acara ini di antaranya Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Menlu Retno Marsudi, dan  Mensesneg Pratikno. (rls/bas)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post