Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pertama di Lampung

Presiden Jokowi (depan) saat meresmikan jalan tol Bakauheni - Terbanggi. (Foto: Sekretariat Presiden)

Jalan tol Bakauheni - Terbanggi Besar yang berjarak 140,9 kilometer merupakan jalan tol pertama di Provinsi Lampung. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra yang dibangun dengan biaya Rp16,8 Triliun.

LAMPUNG-KABARE.ID: Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (21/1/2018).

Dalam peresmian itu Presiden mengatakan, pembangunan infrastruktur merupakan kebutuhan yang sangat mendasar untuk dapat bersaing dengan negara lain. Apalagi stok infrastruktur di Tanah Air masih jauh tertinggal dibandingkan negara lain, baik ruas jalan, pelabuhan, bandara dan pembangkit listrik.

“Saya ingin mendorong agar dari Bakauheni sampai Palembang bisa diselesaikan sebelum Asian Games berjalan,” ucap Presiden.

Kepala Negara menegaskan, jalan tol adalah contoh dari infrastruktur yang dapat meningkatkan daya saing suatu produk karena mempercepat proses pengiriman barang.

“Kalau biaya transportasi mahal, logistik mahal, bagaimana produknya bisa murah? Transportasi bisa cepat artinya bisa lebih murah,” ucap Presiden.

Mengenai pembangunan jalan tol Bakauheni - Terbanggi Besar yang berjarak 140,9 kilometer dan merupakan jalan tol pertama di Provinsi Lampung, Presiden optimis jalan tol tersebut akan tuntas pada bulan Juni 2018, meski masih ada persoalan seperti pembebasan lahan.

“Tadi saya tanya ke Gubernur apa bisa selesai masalah pembebasan lahan, ‘Insya Allah bisa’ jawab Gubernur. Janji itu saya tulis. Nanti kalau enggak selesai pembebasan lahan, saya cek tanggungjawabnya ada di siapa, jelas,” kata Presiden.
 

Presiden Jokowi menaiki truk saat menjajal jalan tol Bakauheni - Terbanggi Besar. (Foto: Sekretariat Presiden)



Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar merupakan salah satu dari proyek strategis nasional yang dimulai tiga tahun lalu dan merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra yang dibangun dengan biaya Rp16,8 Triliun.

“Satu demi satu kita selesaikan, tapi sebagian besar masih dalam proses kontruksi. Oleh sebab itu, ruas ini selesai langsung saya resmikan untuk memacu agar ruas yang lain juga segera dirampungkan,” tutur Presiden.

Setelah peresmian, Presiden menjajal jalan tol tersebut dengan menggunakan truk berwarna putih. (*)





Sumber: Sekretariat Presiden

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post