Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Presiden Jokowi: Pemerintah Akan Bangun Kota yang Hebat di Ibu Kota Baru

Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR, Menteri PPN/Kepala Bappenas dan Ketua Umum KADIN membuka Konstruksi Indonesia 2019 di JI-Expo Kemayoran, Rabu (6/11) siang. (Foto: AGUNG/Humas Setkab)

Ibu kota baru nantinya akan dilengkapi dengan kluster perumahan, kluster teknologi dan inovasi. Begitu juga kluster pendidikan kelas dunia, juga ada kluster untuk layanan kesehatan kelas dunia dan kluster wisata kelas dunia.

JAKARTA – KABARE.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembangunan ibu kota baru di Kalimantan akan dibangun sebagai kota hebat yang menginspirasi dunia.

Jokowi membayangkan, di sana nanti ada kluster perumahan, kluster teknologi dan inovasi seperti di Silicon Valley. Begitu juga kluster pendidikan kelas dunia di mana universitas-universitas terbaik ada di sana. Juga ada kluster untuk layanan kesehatan kelas dunia dan juga kluster wisata kelas dunia.

Jokowi mengatakan, pemerintah ingin ibukota yang baru ini dapat memberikan kualitas hidup tertinggi bagi penghuninya. Kota yang bebas emisi, yang ke mana-mana bisa jalan kaki. “Kalau nggak bisa jalan kaki, bisa bersepeda. Kalau enggak bisa bersepeda juga bisa menggunakan transportasi publik yang bebas emisi,” kata Presiden Jokowi saat membuka pameran Konstruksi Indonesia 2019 di JI-Expo Kemayoran, Rabu (6/11) siang.

Jokowi juga ingin ibu kota baru Negara RI itu merupakan kota yang dinamis, harga-harga barang di sana terjangkau dan menjadi kota yang menggembirakan. Kota yang masyarakatnya majemuk, yang terbuka, yang toleran, yang penuh dengan gotong royong.

“Inilah bayangan yang ada di benak saya,” kata Presiden Jokowi seraya menambahkan, ibukota baru ini bukan hanya kota pemerintahan, tetapi juga kota bisnis yang bebas emisi. Untuk menciptakan kota impian tersebut, kata Jokowi, maka yang mengerjakan harus orang-orang bertalenta kelas dunia, yang bisa menarik diaspora untuk pulang ke Indonesia, yang menarik juga orang-orang hebat dunia untuk tinggal di sana.

Untuk itu Jokowi meminta pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia konstruksi untuk membuat rancangan kota yang ideal. Ia menekankan, bahwa pemerintah ingin membuat kota yang memberi contoh dan bisa menjawab permasalahan-permasalahan dunia. Ia bahkan ingin bahwa ibu kota ini adalah hadiahnya Indonesia untuk dunia.

“Kita memang harus mimpinya memang harus tinggi seperti itu. Jika Dubai memiliki jargon the happiest city on the earth, kita juga ingin kota baru kita ini menjadi kota the best on earth, yang the most liveable city, yang the greenest city, yang the most innovative city, dan the most the most yang lainnya,” ungkap Presiden Jokowi. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post