Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Presiden Jokowi Lantik Gubernur Lampung di Istana Negara

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi didampingi Wagub Chusnunia Chalim menjawab wartawan usai pelantikan dirinya di Istana Negara, Jakarta Rabu (12/6) siang. (Foto: Jay/Humas)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung masa jabatan 2019-2019, di istana Negara, Jakarta, Rabu (16/6/2019).

JAKARTA-KABARE.ID: Usai dilantik, Arinal-Chusnunia mengungkapkan ingin agar provinsi yang dipimpinya bisa berjaya.

“Ya saya ingin Lampung itu berjaya pada masa yang akan datang. Karena Lampung mempunyai potensi yang banyak. Karena Lampung itu di antara pulau Sumatera dan pulau Jawa yang di depannya ada ibu kota (Jakarta), pusat ekonomi,” kata Arinal.  

Arinal menyebutkan, Lampung punya komoditi nasional rata-rata 10 besar nasional dan bahkan dunia. Tetapi ekonomi kerakyatannya masih dalam posisi belum sesuai dengan yang diharapkan.

“Sehingga dalam hal ini, artimya sektor pertanian dalam artian luas, jadi pangan, perkebunan, kelautan, peternakan, dan kehutanan harus baik, lebih baik dan berfungsi,” ujarnya.

Ia pun berjanji akan mengembangkan infrastruktur yang dapat menunjang ekonomi masyarakat. Karena bagaimanapun, saat ini sudah ada jalan tol di pulau Sumatera yang bisa memberikan kontribusi ekonomi bagi masyarakat di pedesaan atau kecamatan.

“Tanpa harus berbasa-basi jalan provinsi harus ditingkatkan, jalan kabupaten harus ditingkatkan,” ujarnya.

Selain itu, kata Arinal, Lampung kaya akan potensi alam dan wisata yang luar biasa. “Kami punya anggrek dengan jumlah 361 varietas di dalam kawasan Taman Nasional. Ini akan menjadi wilayah wisata khusus, karena eco-tourism-nya luar biasa,” ujarnya.

Mengenai masalah infrastruktur, Arinal mengatakan, provinsi Lampung wajib dibangun oleh APBN. “APBN itu adalah membangun Indonesia. Lampung merupakan bagian dari Indonesia,” ujarnya.

“Tetapi tidak bisa serta merta, kita harus memberikan program yang manjanjikan Indonesia di masa depan. Oleh karena itu, infrastruktur, pariwisata, kemudian pendidikan, kesehatan ke depan itu harus bangkit bersama-sama. Sehingga ini bisa dirasakan oleh rakyat,” tandasnya.  

Arinal-Chusnunia terpilih dalam Pemilihan Gubernur 2018 lalu dengan mengungguli tiga pasangan lainnya dalam Pilkada Lampung 2018. Dalam hasil perhitungan, pasangan itu memperoleh 1.548.506 suara atau dengan persentase 37,7 persen.

Sebelumnya Arinal Djunaidi pernah menjabat sebagai Sekertais Daerah Lampung pada 2014-2016. Sementara Chusnunia Chalim menjadi Bupati Lampung Timur periode 2016-2019.

Tampak hadir dalam pelantikan itu antara lain Menko Polhukam Wiranto, Mendagri Tjahjo Kumolo, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menaker Hanif Dhakiri, Menperin Airlangga Hartarto, Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan Ketua DPR RI Oesman Sapta Odang. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post