Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Presiden Jokowi Ingin Piala Dunia U-20 di Indonesia Berkelas Dunia

Presiden didampingi Wapres saat memasuki ruang Rapat Terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta, Jumat (17/1). (Foto: Humas Setkab/Jay)

Presiden Jokowi meminta kepada jajaran kementrian dan lembaga terkait untuk mempersiapkan Piala Dunia U-20 di Indonesia layaknya pertandingan kelas dunia.

JAKARTA – KABARE.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau kepada Kementerian dan lembaga terkait untuk mempersiapkan dengan matang penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 Tahun 2021 di Indonesia.

Jokowi meminta agar Piala Dunia U-20 tersebut dapat terlaksana layaknya pertandingan kelas dunia. Hal itu dikatakannya saat memimpin Rapat Terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta, Jumat (17/1/2020).

“Saya menerima laporan bahwa ada 10 stadion yang disiapkan, 6 stadion utama dan 4 stadion cadangan. Saya minta betul-betul ini dicek ke lapangan, harus betul-betul representatif untuk pertandingan kelas dunia,” kata Jokowi.

Dalam ratas tersebut, Jokowi meminta dicek dimulai dari lingkungan, lapangan, tempat duduk, ruang ganti, toilet, sampai ruang pers media yang betul-betul representatif.

“Kalau ada memang kekurangan dan perlu direnovasi, perlu disempurnakan agar segera betul-betul disiapkan, agar siap digunakan di tahun 2021,” kata Jokowi.

Sarana transportasi kelas dunia

Selain itu, Jokowi juga meminta agar dilihat secara detail ketersambungan antara stadion dengan sarana transportasi akomodasi peserta kompetisi Piala Dunia FIFA U-20.

“Jangan sampai misalnya pertandingan terlambat gara-gara persoalan konektivitas. Oleh sebab itu, sarana dan prasarana akomodasi juga harus memiliki pelayanan kelas dunia,” tegasnya.

Untuk itu, Jokowi meminta agar memanfaatkan event ini untuk promosi Indonesia kepada dunia. Menurutnya ini merupakan momen penting untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara maju, bangsa besar, dan negara maju yang mampu melaksanakan event internasional dengan sangat baik.

“Ingat bahwa Piala Dunia FIFA U-20 ini akan menjadi pusat perhatian, spotlight dunia karena event ini akan diikuti oleh 24 negara dari 5 benua,” kata Jokowi.

Di akhir pengantar, Ia meminta pengalaman dan kesuksesan Indonesia dalam penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames di 2018 dapat dijadikan standar dalam penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 Tahun 2021 yang akan datang.

Turut hadir dalam ratas kali ini di antaranya, Panglima TNI, Kapolri, Ketua PSSI, Ketua KOI, para Menko, dan Menteri Kabinet Indonesia Maju, antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menkes Terawan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menpora Zainuddin Amali, Mendagri Tito Karnavian, Menkominfo Jhonny G. Plate, dan Menparenkraf Wishnutama. (*)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post