Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Presiden Buka MTQ Nasional 2018

Presiden Joko Widodo (kanan) saat membuka MTQ Nasional 2018 di Medan, Minggu (7/10/2018). (Foto: BPMI)

Presiden Joko Widodo mengingatkan pentingnya Alquran sebagai petunjuk untuk memperkokoh akhlakul karimah, membangun kehidupan yang beradab, dan menerapkan ide-ide mulia dalam Alquran untuk kemaslahatan umat dan bangsa Indonesia.

MEDAN-KABARE.ID: Presiden Joko Widodo membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-27 di Arena Utama MTQ Nasional, Medan, Sumatera Utara, Minggu, 7 Oktober 2018.

Dalam acara itu, Presiden mengajak masyarakat untuk merubah pandangan terhadap MTQ yang bukan hanya sebagai acara rutin dan lomba menang-kalah dalam seni membaca Alquran. Melainkan juga sebagai suntikan energi bagi umat Islam di Indonesia untuk membumikan Alquran dalam dunia nyata.

“Saat Alquran di acara MTQ ini dibaca dengan tajwid dan lagu yang merdu, marilah kita juga merenungkan dan memahami maknanya,” kata Presiden.

Presiden berharap MTQ Tingkat Nasional dapat menjadi salah satu sumber kesejukan dan mata air melimpahnya Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat Islam), Ukhuwah Wathaniyah (persaudaraan bangsa), dan Ukhuwah Basyariyah (persaudaraan umat manusia).

“Hati kita seharusnya merasa damai setiap kali membaca Alquran, merasa tenteram setiap kali mendengarkan alunan ayat suci Alquran,” kata Presiden.

Perasaan damai tersebut harus dirawat dan ditularkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak ada lagi hoaks, tidak ada lagi saling fitnah, dan tidak ada lagi caci-mencaci di antara sesama umat.

MTQ Nasional tahun 2018 diikuti 1.550 peserta, tujuh cabang lomba, dan 23 golongan lomba.

Selain itu, ada parade 1.000 hafizh, pawai ta’aruf, pameran, seminar seni budaya, konsultasi zakat, wakaf, pernikahan, membaca Alquran bagi milenial, dan lain-lain. (bas)

Sumber BPMI

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post