Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Pizza Andaliman, Perpaduan Rasa Lokal dan Internasional

Pizza andaliman. (Foto: Pesona.Travel)

Pizza Andaliman adalah hidangan pizza yang menggunakan saus andaliman. Hasilnya, hidangan khas internasional itu berpadu dengan rasa lokal khas Danau Toba.

JAKARTA – KABARE.ID: Jika Anda berkunjung ke Danau Toba, maka Balige adalah salah satu kota yang harus dikunjungi karena punya wisata kuliner yang unik.

Salah satu kuliner unik yang sedang ngehits di Balige adalah Pizza Andaliman. Makanan yang terkenal di Italia ini diolah dengan cita rasa bumbu lokal khas tanah Batak, yaitu andaliman. Andaliman sendiri dikenal dengan nama "merica batak". Andaliman sering ditemukan pada masakan batak seperti, arsik, saksang ataupun mie gomak.

Bumbu yang dikenal dengan nama latin Zanthoxylum Acanthopodium ini berasal dari keluarga jeruk. Sensasi saat mencicipinya akan memberikan sensasi menggetarkan lidah, membuat lidah seakan mati rasa.

Bentuk pizza andaliman hampir mirip dengan pizza waralaba yang sering ditemukan di kota-kota besar. Ada campuran irisan daging dan aneka sayurnya. Namun yang membedakan adalah sausnya, dimana ada tiga pilihan saus yakni. saus mayonaise, saus cabe dan saus andaliman.

Café Pizza Andaliman yang selalu dipenuhi wisatawan ini buka mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore. Café ini terletak di jalan Patuan Nagarai, Pardede Onan, Balige, Kabupaten Samosir. Jika Anda sedang berlibur ke Danau Toba jangan lewatkan kuliner satu ini ya. (*)

 

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post