Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Pintek Dapat Debt Facility Sebesar $21 Juta dari Accial Capital Untuk Mendukung Pendidikan di Indonesia

Ilustrasi. Foto: Pintek Indonesia

Pintek mendapatkan debt facility sebesar $ 21 juta dari Accial Capital, private debt investor yang berbasis di Amerika Serikat.

JAKARTA – KABARE.ID: Pintek, perusahaan teknologi finansial yang memberikan pembiayaan pendidikan untuk siswa dan juga untuk lembaga pendidikan, berhasil mendapatkan debt facility sebesar $ 21 juta dari Accial Capital, private debt investor yang berbasis di Amerika Serikat.

Melalui debt facility ini, Pintek dan Accial Capital berharap dapat mempercepat penetrasi pembiayaan pendidikan dan berkontribusi pada ekosistem pendidikan yang lebih terjangkau dan inklusif di Indonesia.

Menurut Presiden Joko Widodo, pendidikan tinggi merupakan pilar utama dalam membina pengembangan sumber daya manusia dan generasi muda yang kompetitif. Untuk mendukung visi tersebut, Pintek memberikan solusi keuangan bagi keluarga dalam mengakses semua jenjang pendidikan dan pelatihan kejuruan melalui program cicilan. Selain itu, Pintek memberikan solusi bisnis keuangan untuk lembaga dan pemasok pendidikan, mendukung investasi mereka dalam infrastruktur dan alat teknologi.

Ioann Fainsilber, CEO SoCap & Co-founder Pintek, mengatakan: "Berada dalam situasi yang penuh tantangan saat ini, lembaga pendidikan perlu mengadaptasi teknologi untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh bagi siswa. Namun, karena kurangnya sumber daya keuangan, implementasi teknologi di sektor pendidikan  menjadi tantangan. Kami membuat produk untuk membantu ekosistem pendidikan Indonesia pada titik kritis saat ini".

Tommy Yuwono, Co-founder dan Direktur Utama Pintek menambahkan, “Ini merupakan gerakan kami untuk mendukung penuh program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait penerapan digitalisasi sekolah sebagai upaya mempersiapkan sumber daya manusia untuk menghadapi era industri 4.0. Hal ini memungkinkan kami memberikan solusi pembiayaan cerdas bagi lembaga pendidikan untuk memaksimalkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar, sekaligus mencapai pendidikan 4.0”.

Michael Shum, Chief Investment Officer Accial Capital mengatakan: "Kami sangat senang dapat bermitra dengan tim Pintek yang memprakarsai platform pembiayaan pendidikan untuk ekosistem pendidikan Indonesia. Sebagai private debt investor yang berfokus pada dampak global, kami telah melihat betapa pentingnya sistem pendidikan yang kokoh bagi pembangunan ekonomi di suatu negara. Kami sangat senang dapat mendukung sistem pendidikan Indonesia melalui kemitraan kami dengan Pintek".

Pada bulan Desember 2020, Pintek menerima pendanaan dipimpin oleh Finch Capital, dengan partisipasi dari Accion Venture Lab dan investor lainnya, sehingga total ekuitas yang dikumpulkan oleh Pintek menjadi  US $5 juta.

 

Tentang Pintek
Pintek merupakan perusahaan teknologi finansial (Peer-to-Peer Lending) yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan dan terus berkomitmen untuk menjadi salah satu roda penggerak pendidikan di Indonesia.

Terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 2018, Pintek bergerak dalam menyediakan akses keuangan kepada seluruh masyarakat dan lembaga pendidikan akan kebutuhan pendidikan di Indonesia.

Pintek juga terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika dan merupakan anggota AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia). Pintek dimiliki oleh SoCap, sebuah perusahaan yang bertujuan untuk menumbuhkan usaha yang memfasilitasi kerjasama, pertukaran, dan inovasi untuk dampak sosial di wilayah terkait.

Tentang Accial Capital
Accial Capital merupakan investor yang berfokus pada dampak dan pemanfaatan teknologi pada portofolio pinjaman usaha kecil dan konsumtif di negara-negara berkembang seperti Asia Tenggara dan Amerika Latin.

Menggabungkan data, teknologi, modal, dan keahlian kredit, Accial Capital berkontribusi pada dunia dengan memberikan akses kredit dan kesehatan finansial yang luas. Accial Capital menandatangani Panduan Investor untuk Investasi yang Bertanggung Jawab dalam Layanan Keuangan Digital dan merupakan anggota dari Global Impact Investing Network (GIIN). (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post