Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Pinkglow Pineapples, Nanas Mahal Berwarna Pink

Pinkglow Pineapples. (Foto: Istimewa)

Nanas dikenal dengan daging buahnya yang berwarna kuning. Namun ternyata ada juga daging buah nanas yang berwarna pink.

JAKARTA - KABARE.ID: Tahun 2016, muncul berita bahwa FDA telah menyetujui nanas berdaging merah muda yang dikembangkan Del Monte untuk dikonsumsi manusia. Namun butuh waktu empat tahun untuk mereka menjual produk tersebut dengan nama Pinkglow Pineapples.

"Nanas Pinkglow adalah produk yang sangat kami banggakan - tidak hanya karena warnanya yang indah dan rasanya yang enak, tetapi juga karena perawatannya yang menanam dan melepaskannya, serta metode berkelanjutan yang telah kami terapkan untuk menghasilkan nanas merah muda baru ini," kata Pablo Rivero - wakil presiden pemasaran, Amerika Utara, untuk Fresh Del Monte dikutip dari Food and Wine, Jumat (16/10/2020).

Mengutip Delish, Warna merah muda ini didapatkan dari rekayasa genetik. Nanas ini direkayasa untuk menghasilkan enzim yang lebih rendah dibanding nanas biasa. Enzim ini akan mengubah pigmen beta karoten yang membuat warna jadi kuning menjadi pigmen likopen yang menghasilkan warna merah muda.

Likopen adalah pigmen yang sama seperti di dalam tomat merah dan semangka. 

Nanas ini dijual dengan harga US$49 atau sekitar Rp722 ribu per buahnya. Harga yang sangat mahal untuk sebuah nanas.

Mengapa nanas ini sangat mahal? Dan mengapa butuh waktu lama untuk masuk ke pasar setelah persetujuan FDA? Del Monte menjelaskan bahwa nanas sebenarnya membutuhkan waktu selama 24 bulan untuk tumbuh, dengan Pinkglows secara khusus dipetik "dalam panen yang sangat terbatas" di pertanian tertentu di Costa Rica.

Perusahaan tersebut juga mengklaim melakukan upaya sustainability dalam penanamannya. Dalam satu paket nanas pink yang diterima hanya berupa nanasnya saja tanpa mahkota daunnya. Mahkota buah ini akan ditanam lagi untuk menjamin keberlanjutan budidaya tanaman langka tersebut. Selain itu, pembeli juga akan diberi sertifikat yg menjamin keaslian nanas tersebut.

Perusahaan tersebut juga mengklaim buah nanas pink yang disebut permata hutan ini akan memiliki rasa yang lebih segar dan manis daripada nanas tradisional. Selain itu buah nanas pink ini juga disebut memiliki rasa yang unik dan memiliki aroma seperti permen. (*)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post