Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Piala Dunia Rusia, Ini Dia Makanan Khas yang Wajib Dicicipi Penggemar Sepak Bola

Shashlik, hidangan mirip sate khas Rusia. (Instagram)

Piala Dunia 2018 telah resmi dimulai di Rusia. Pesta sepak bola empat tahunan ini merupakan waktu yang tepat untuk mengenal budaya hingga kuliner khas negara penyelenggara, kali ini yang dikenalkan adalah makanan khas Rusia.

JAKARTA-KABARE.ID: Jadi tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia tidak hanya menawarkan pengalaman baru untuk penggemar sepak bola, tapi juga menawarkan ragam kuliner unik dan menarik.

Dilansir dari detik.com, (16/6), Piala Dunia adalah waktu yang tepat untuk mengenal budaya. Beberapa kuliner khas Rusia seperti pelmeni, shashlik, hingga sup solyanka layak untuk dicoba bagi pelancong yang baru mengunjungi Rusia.

 

Pelmeni dumpling

Pelmeni dumpling. (Pixabay)

Pangsit khas Rusia ini merupakan hidangan yang terpengaruh dari China. Isian pelmeni biasanya terdiri dari kombinasi daging sapi, domba, dan babi tanpa menggunakan sayuran. Umumnya pelmeni banyak dijual dengan saus mayo, mustard, atau krim dengan rasa asam.

 

Jus kompot

Jus kompot. (Istimewa)

Jus kompot atau kompot juice terbuat dari aneka rebusan buah segar, terutama strawberry, apricot, dan ceri yang dicampur dengan air serta gula. Jus ini bisa disajikan dingin atau hangat sesuai musim di Rusia. Hidangan ini mirip kolak di Indonesia.

 

Sup solyanka

Sup solyanka. (Istimewa)

Hidangan ini merupakan jenis sup asam yang digemari di Rusia. Solyanka merupakan sup dari daging sapi segar atau daging sapi asap, dan sosis khas Rusia. Selain daging, ada juga isian ikan dan jamur. Ciri khas sup ini menggunakan mentimun asin dan zaitun cincang.

 

Roti jahe pryaniki

Roti jahe pryaniki. (Istimewa)

Di Rusia, roti jahe atau gingerbread tidak hanya disajikan ketika Natal saja. Kue manis dengan madu Rusia ini cukup digemari di sana. Teksturnya lebih padat, lebih banyak, dan terkadang dilapisi dengan toping yang manis. Hidangan ini paling cocok dinikmati dengan secangkir teh hangat.

 

Pancake oladyi

Pancake oladyi. (Instagram)

Pancake khas Rusia ini memiliki tekstur lebih tebal dan padat, dibandingkan pancake jenis lainnya. Pancake ini menggunakan resep tradisional dengan adonan yang dicampur buttermilk. Hidangan ini biasanya disajikan dengan salmon roe, caviar, atau krim asam, dan beberapa rebusan buah dan jus kompot.

 

Honey cake

Honey cake. (Pixabay)

Sajian kue ini bisa jadi kudapan maupun makanan penutup, teksturnya lembut dan rasanya manis. Kue ini berbentuk lapisan tipis dan dalam satu kue biasanya terdiri dari 5 hingga 15 lapis. Honey cake terbuat dari sponge cake madu yang diberi krim dan ditaburi kacang cincang. Orang Rusia menikamti kue ini pada berbagai kesempatan.

 

Salted hering fish

Salted hering fish. (Istimewa)

Makanan ini terbuat dari ikan segar yang direndam dalam air garam, gula, dan rempah-rempah. Hidangan ini cukup popular di beberapa negara seperti Belanda, Swedia, Jerman, Denmark, dan negara lainnya.

 

Shashlik

Shashlik. (Instagram)

Masyarakat Rusia juga punya hidangan mirip sate, namanya shashlik, bahan dan teknik memasaknya juga seperti sate. Shashlik terbuat dari daging sapi berbumbu yang dipotong-potong kecil kemudian ditusukkan pada bilah besi, kemudian dimasak dengan cara dipanggang. Biasanya Shashlik juga dilengkapi dengan sayuran seperti paprika, tomat, dan jamur.

 

Pirozkhi

Pirozkhi. (Instagram)

Sekilas Pirozkhi tampak seperti pastel khas Indonesia. Kudapan ini merupakan roti yang diberi isian daging atau buah-buahan. Pirozkhi dimasak dengan cara dipanggang. Selain daging, roti ini juga biasa diisi dengan kubis, kentang, telur, hingga bahan manis seperti buah kering. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post