Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Petani di Bangka Tengah Mulai Beralih ke Tanaman Porang

Porang. Foto: Istimewa

Memiliki nilai ekonomi tinggi dan perawatan yang mudah, menjadi alasan banyak petani di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beralih ke tanaman porang.

BANGKA – KABARE.ID: Memiliki nilai ekonomi tinggi dan perawatan yang mudah, menjadi alasan banyak petani di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beralih ke tanaman porang.

Meski terbilang baru, namun harga jual tinggi membuat petani ikut membudidayakan porang yang saat ini menjadi komoditas ekspor.

“Ya memang kami sengaja kembangkan porang ini. Selain harga jualnya tinggi, porang tidak rentan akan serangan hama,” ujar petani porang Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Zaiwan, pada Selasa (12/1/2021).

Selain itu, yang lebih menguntungkan lagi yaitu tanaman porang ini 40 persen hidupnya bergantung pada tanaman pelindung. Petani pun dapat memilih sendiri tanaman apa yang akan dijadikan tanaman pelindung bagi porang.

“Porang ini 40 persennya bergantung pada tanaman pelindung. Jadi kami memilih tanaman yang juga memiliki nilai produksi dan ekonomi tinggi seperti tanaman lada, mangga, jahe merah dan tanaman buah lainnya. Sehingga dalam satu lahan kami dapat memproduksi berbagai komoditas bernilai ekonomi tinggi,” katanya. (*)

 

Sumber: Inews.id

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post