Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Pesona Batik Indonesia Bertengger di Pusat Perbelanjaan Modern

Pesona Batik Indonesia di pusat perbelanjaan modern. (Foto: Baskoro Dien/ Kabare.id)

Beragam produk fesyen batik, mulai dari baju, gaun, celana, hingga blus ditampilkan dalam pameran bertajuk Pesona Batik Indonesia yang digelar di pusat perbelanjaan. Pameran ini mencoba menampilkan bahwa batik bisa tampil modern.

JAKARTA-KABARE.ID: Puluhan UKM yang bergerak dalam bidang batik mencoba menularkan semangat mencintai produk budaya dengan menggelar pameran Pesona Batik Indonesia di mall Kota Kasablanka, pada 15-20 Mei 2018.

"Kita hadiran 28 stan, mereka adalah pelaku UKM pengrajin batik Nusantara. Namun mayoritas terbanyak dari pulau Jawa," kata Samuel, Supervisor On Site Space, selaku pihak penyelenggara di Jakarta, Kamis (17/5).

Pesona Batik Indonesia 2018 sengaja digelar di pusat perbelanjaan modern untuk menunjukan bahwa di tengah kepungan produk modern dan produk-produk luar negeri, karya budaya anak bangsa masih bisa diperhitungkan.

"Sengaja memang kita gelar pameran di mall, kalau di sini pengunjung bisa langsung lihat bahwa ada orang Indonesia yang bangga mengangkat budayanya sendiri," tegas Samuel.

Batik Indonesia, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

Sejak itu, setiap tanggal 2 Oktober, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

Samuel berharap, pengakuan UNESCO dan perayaan hari batik mampu melestarikan budaya, khususnya memberikan lapangan pekerjaan bagi pengrajin-pengrajin batik di seluruh Indonesia.

Pameran Pesona Batik Indonesia 2018 menampilkan produk fesyen yang dibuat dari batik tulis, batik cap, dan campuran keduanya. Busana-busana tersebut dihias motif batik Nusantara yang memiliki filosofi dan ceritanya masing-masing. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp200 ribu hingga jutaan rupiah. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post