Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Pertunjukan Seni dan Budaya Meriahkan Gebyar Dikbud di Jawa Barat

Pertunjukan seni dan budaya meriahkan Gebyar Dikbud di Jawa Barat. (dok. Kemendikbud)

Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan (Gebyar Dikbud) 2019 kembali digelar. Kali ini empat daerah di Provinsi Jawa Barat menjadi tuan rumah.

JAKARTA-KABARE.ID: Acara yang digelar pada 22-23 Maret itu dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya, mulai dari atraksi pencak silat, tarian tradisional, musik tradisional hingga pawai budaya yang ditampilkan oleh para siswa. Pada Jumat (22/3) Gebyar Dikbud dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Besoknya, Sabtu (23/3), kegiatan dipusatkan di Kota Bandung dan Kabupaten Garut.

Gebyar Dikbud di Kabupaten Sukabumi berlangsung di Gelanggang Olah Raga (GOR) Cisaat. Acara ini dihadiri lebih dari dua ribu peserta. Bahkan Bupati Sukabumi, Harwan Hamami ikut hadir dalam acara yang mengangkat tema "Sukabumi Lebih Baik, Jabar Juara, Indonesia Maju" tersebut.

Di Kabupaten Cianjur, kegiatan dipusatkan di Taman Alun-Alun Kabupaten Cianjur. Gebyar Dikbud di sini dimeriahkan pertunjukan silat massal dan tarian massal yang diperagakan oleh 1.115 siswa-siswi dari Cianjur. Selain itu sejumlah siswa menampilkan kemampuan memetik alat musik tradisional dan menyanyi lagu-lagu tanah Pasundan.

Di Kota Bandung, Gebyar Dikbud ditandai dengan pemecahan rekor Original Rekor Indonesia (ORI). Sebanyak 16.153 siswa SD se-Kota Bandung memecahkan rekor ORI dalam menulis dan membaca puisi. Ini merupakan rekor peserta terbanyak dalam acara Gerakan Edukasi Nasional 2019.

Kemudian, di Kabupaten Garut, Gebyar Dikbud diselenggarakan di Pendopo Bupati Garut. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyempatkan hadir dalam acara ini. Selain dimeriahkan pertunjukan seni dan budaya, para siswa berkebutuhan khusus juga ikut memeriahkan acara dengan menampilkan kemampuan bermain alat musik dan bernyanyi. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post