Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Pertunjukan Musik Bambu Tada Raih Rekor Muri

Pertunjukan musik Bambu Tada yang berhasil memecahkan rekor mURI (Foto: Kemenpar RI)

Pertunjukan musik bambu tada yang diiringi tarian kolosal dan dibawakan oleh sekitar 2.000 peserta berhasil memecahkan rekor MURI.

MOROTAI – KABARE.ID: Bupati Pulau Morotai, Benny Laos, di Morotai, Rabu (7/8/2019) mengatakan ribuan peserta itu berasal dari berbagai kalangan dan usia.

“Bambu tada adalah alat musik yang terbuat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mengeluarkan bunyi-bunyian khas bambu. Cara mainnya dengan diketuk-ketukan ke tanah. Bambu tada berfungsi sebagai musik pengiring dan dimainkan bersama alat musik lain,” kata Benny.

Pada penampilannya dalam rangka memecahkan rekor MURI, pemain bambu tada juga membentuk berbagai formasi menarik sambil memainkan alat musik itu. Untuk mencapai hasil yang baik, persiapan pun sudah dilakukan sejak beberapa bulan sebelum penampilan. Setiap sore, para peserta berlatih bersama tim koreografer Eko 'Pece' Supriyanto.

Semangat para peserta tidak berkurang, meski cuaca saat itu tidak begitu bersahabat. Meski gerimis, mereka tetap memberikan penampilan terbaik. Hal ini tentunya memukau Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Bupati Morotai yang ikut hadir dalam acara itu.

"Terima kasih kepada para masyarakat yang mendukung penyelenggaraan Festival Morotai. Terutama pada para peserta bambu tada. Saya mengapresiasi semangat kalian yang luar biasa," kata Benny Laos.

Selain itu, Benny juga menyampaikan terima kasih kepada tim Eko 'Pece' yang telah melatih tim pemain musik sehingga dapat memecahkan rekor MURI dengan baik. "Kalian semua hebat," ucapnya bersemangat.

Sementara itu, Menpar Arief Yahya menyebut kekompakan masyarakat Morotai patut diapresiasi. "Daerah ini luar biasa. Masyarakatnya sangat kompak, alamnya bagus, daerahnya juga menyimpan nilai sejarah. Semoga Morotai bisa menarik minat kunjungan wisatawan lebih banyak lagi," ucap Menpar Arief Yahya.

Selain itu, untuk memajukan wisata Morotai, Menpar mendukung usulan Bupati Morotai agar membuka lima rute penerbangan langsung dari luar negeri ke Morotai serta pengembangan kapasitas bandara untuk menampung lebih banyak wisatawan.

"Kementerian Pariwisata berkomitmen untuk mempromosikan potensi pariwisata Morotai di ajang bergengsi misalnya bursa promosi pariwisata bergengsi di luar negeri," tambahnya lagi. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post