Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

Pertamina Jalin Kerjasama dengan Saudi Aramco

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto berjabat tangan dengan CEO Saudi Aramco Amin Nasser usai menandatangani nota kesepahaman di Jakarta, Kamis (22/12). (Antara Foto/Sigid Kurniawan)

Pertamina menjalin kerja sama dengan perusahaan minyak Arab Saudi, Saudi Aramco, dalam pembangunan peningkatan kapasitas kilang eksisting (RDMP) Cilacap dengan nilai investasi sebesar lima miliar dolar Amerika atau sekitar Rp65 triliun yang ditargetkan selesai pada tahun 2021.

Jakarta – Pertamina menjalin kerjasama dengan Saudi Aramco, perusahaan minyak Arab Saudi, untuk mempercepat pembangunan peningkatan kapasitas kilang eksisting (RDMP) Cilacap,  di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (22/12). Perjanjian kerjasama tersebut mencakup kepemilikan saham, pengembangan, dan pengoperasian kilang Cilacap di Jawa Tengah.

Dirut Pertamina Dwi Sutjipto menyebutkan Pertamina memiliki 55%  saham di RDMP Cilacap, sementara Saudi Aramco 45%.

"Kerjasama ini merepresentasikan komitmen kedua perusahaan dalam pengembangan dan penguatan infrastruktur energi khususnya dalam proyek kilang minyak yang sejalan dengan lima pilar strategi Pertamina," papar Dwi Sutjipto di Jakarta, Kamis (22/11).

Sementara CEO Saudi Aramco Amin Nasser menyebutkan, perusahaannya tertarik untuk berinvestasi di Indonesia karena melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. "Kerjasama dengan Pertamina membuat Saudi Aramco berpotensi untuk makin berpengaruh untuk memenuhi meningkatnya kebutuhan energi di salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat," ungkap Amin.

Selain untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri, kerjasama Pertamina dan Saudi Aramco juga meningkatkan kompetensi kilang minyak di Indonesia untuk berkontribusi dalam peningkatan ketahanan energi.

Editor: Baskoro

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post