Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markle Bagai Dunia Dongeng

Pangeran Harry dan Meghan Markle. (Standard.co.uk)

Siapapun yang tidak diundang dan memaksa masuk ke Kastil Windsor pada Sabtu, 19 Mei 2018, saat Pengran Harry dan Meghan Markle melangsungkan pernikahan, maka sudah pasti akan ditangkap dan dijebloskan ke penjara. Bahkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump tidak termasuk dalam undangan pernikahan itu.

INGGRIS-KABARE.ID: Ratusan juta mata di seluruh dunia tampaknya akan mengarah ke Inggris, untuk menyaksikan anggota Keluarga Kerajaan Inggris yang menikahi aktris Amerika Serikat. Polisi Thames Valley menarik lebih dari 100 ribu orang dari seluruh dunia untuk berjaga di sekitar lokasi pernikahan tersebut.

Pernikahan bagai dunia dongeng antara Pangeran Harry dengan bintang Hollywood, Meghan Markle akan dilangsungkan pada Sabtu, 19 Mei 2018.

Pangeran Harry merupakan cucu laki-laki Ratu Elizabeth II dari pasangan Prince Wales dan Lady Diana. Dia berada di urutan ke enam tahta Inggris, sementara Meghan menjadi terkenal karena perannya di drama TV, Suits.

Keduanya dikenalkan oleh teman bersama mereka pada 2016 dan Harry menyatakan keseriusannya dalam sebuah acara memanggang ayam pada suatu malam.

Setiap detail royal wedding, tak lepas dari campur tangan dan persetujuan pihak kerajaan. (AFP)

 

Dari urutannya, Pangeran Harry lebih kecil kemungkinanya untuk menjadi Raja Inggris, dibandingkan dengan Pangeran William sehingga pernikahannya dengan Meghan Markle tidak akan semeriah pernikahan abangnya itu.

Harry dan Meghan juga tidak menikah di Westminster Abbey, katedral terkenal yang menjadi tempat sejumlah pernikahan kerajaan, termasuk saudara laki-lakinya, tante dari pihak ayah, salah satu paman dari pihak ayah, dan tentunya neneknya, Ratu Elizabeth II.

Namun upacara Pangeran Harry dan Meghan Markle akan menjadi acara yang lebih akrab di Kapel St George, yang hanya menampung sekitar 800 tamu, sementara Westminster Abbey dapat diisi oleh 1.900 orang.

Upacara akan dilakukan di siang hari di Kapel St George, Kastil Windsor. (Getty Images)

 

Pemberkatan pernikahan berlangsung pukul 12.00 siang hari waktu setempat di Kapel St George, Kastil Windsor, sekitar 40km di arah barat London. Setelah pemberkatan nikah selesai, pengantin baru akan melakukan kirab: pawai kereta di sekitar kastil Windsor, salah satu tempat kediaman resmi Ratu Elizabeth.

Pasangan memilih kereta Ascot Landau untuk parade itu, yang juga digunakan untuk acara-acara resmi dan upacara Kerajaan. Iring-iringan akan berakhir di St George’s Hall, aula pertemuan di kastil, dengan sekitar 600 tamu undangan untuk makan siang yang diselenggarakan oleh eyang puteri, Ratu Elizabeth II.

Malam harinya, kedua mempelai pengantin baru ini akan bergerak ke salah satu gedung di dekat Kastil Windsor, Frogmore House, untuk merayakan pernikahan bersama 200 teman terdekat mereka. Gedung itu dulu menjadi latar belakang dalam foto pertunangan mereka.

Resepsi Harry-Meghan dengan undangan teman-teman dekatnya akan dilakukan di Frogmore House, kediaman dari abad ke 17 di Berkshire. (PA)

 

Sebagai istri Pangeran Harry, maka Meghan Markle akan mendapat nama resmi Her Royal Highness Princess Henry of Wales, sebagai istri dari Prince Henry of Wales, nama resmi Pangeran Harry. Sedangkan ‘Putri’ hanya digunakan oleh orang-orang yang lahir dalam keluarga kerajaan.

Namun kemungkinan besar Ratu akan memberikan pasangan ini gelar Dukedom, sama seperti untuk abangnya, yaitu Duke of Cambrige dengan istri Duchess of Cambridge. Begitu mereka mendapatkan Dukedom, maka Meghan pun akan menjadi seorang duchess.

Apapun gelarnya, Meghan tidak diragukan lagi akan memakai perhiasan kerajaan.

Pernikahan William dan Kate diramaikan dengan sejumlah topi 'yang lain dari yang lain'. (Getty Images)

 

Sejumlah topi menarik yang dipakai tamu pernikahan kerajaan, termasuk di Kastil Windsor, mungkin merupakan hadiah terbaik yang diberikan Inggris kepada dunia. Dari mana asal tradisi ini?

Selama berabad-abad, perempuan menutupi rambut mereka di depan umum untuk menyatakan kerendahan hati, tapi tradisi ini hilang di tahun 1950-an walau perempuan tetap menutup rambut mereka pada acara khusu, seperti di gereja.

Aturan kerajaan menyebutkan, semua anggota perempuan keluarga kerajaan harus menutupi kepala mereka pada acara resmi dan Meghan tampaknya telah melanjutkan tradisi tersebut.

Namun Meghan tidak mengikuti salah satu tradisi pernikahan kerajaan dengan menghidangkan kue buah. Dia sengaja menekankan asal usul Amerika Serikat-nya dengan menujuk koki terkenal AS, Claire Ptak, sebagai pembuat kue pernikahan bergaya klasik yang berwarna putih.

Claire dilaporkan menyiapkan kue elderflower jeruk ‘yang akan mewakili rasa musim semi’. Kue itu akan ditutupi buttercream dan dihiasi bunga segar, demikian diumumkan Istana Kensington. (*)

 

Dihimpun dari berbagai sumber

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post