Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

PermataBank Luncurkan Komik Literasi Keuangan Bankir Cilik

Lima cerita dari perwakilan 3 sekolah dasar lulusan PermataBankir Cilik 2019 terpilih untuk diilustrasikan ke dalam komik digital oleh PiBo

JAKARTA - KABARE.ID: PermataBank meluncurkan Komik Literasi Keuangan Bankir Cilik, Senin (27/7/2020). Peluncuran tersebut merupakan kelanjutan program PermataBankir Cilik 2019 sekaligus memperingati Hari Anak Nasional 2020.

Kegiatan ini merupakan komik literasi keuangan pertama di Indonesia yang ide ceritanya dibuat oleh anak-anak. Terciptanya komik literasi keuangan ini merupakan hasil dari workshop yang peserta PermataBankir Cilik 2019 terima selama tiga bulan sampai Desember 2019.

Peluncurannya dihadiri oleh Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) - Sarjito, Head of Corporate Affairs PermataBank – Richele Maramis, Perwakilan PiBO, dan para murid peserta PermataBankir Cilik 2019 beserta guru pembimbing.

Dalam sambutannya, Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sarjito menyambut baik upaya PermataBank dalam merangkul lebih luas anak-anak Indonesia untuk mendapatkan pendidikan mengenai keuangan dalam bentuk yang kreatif.

"Melalui komik ini diharapkan mereka akan lebih melek terhadap literasi keuangan sejak dini dan menjadi familiar dengan kesehariannya,” ujar Sarjito dalam keterangan resmi yang diterima Kabare, Selasa (28/7/2020).

Menginspirasi generasi muda agar gemar menabung

Head of Corporate Affairs PermataBank, Richele Maramis mengatakan, PermataBankir Cilik adalah bagian dari inisiatif CSR PermataBank, PermataHati. Program ini merupakan edukasi literasi keuangan untuk pelajar SD dan setingkatnya yang bertujuan untuk menginspirasi generasi muda untuk menjadi Duta Menabung.

Sejak 2019, PermataBankir Cilik bekerjasama dengan PiBo, sebuah platform digital library, untuk mengembangkan modul literasi keuangan versi digital yang tak hanya dapat diakses oleh peserta PermataBankir Cilik, tetapi juga oleh masyarakat luas sehingga lebih kekinian dan ramah digital, terutama di masa pandemi seperti sekarang.

Setelah melewati serangkaian kegiatan dan pembelajaran Modul Finansial (MoDal), baik offline maupun online, peserta diminta untuk berkreasi membuat cerita dan menggambar komik bertemakan pengelolaan uang yang ditujukan kepada teman-teman sebaya, dan terpilihlah lima cerita yang dikaryakan menjadi sebuah ilustrasi Komik Literasi Keuangan Bankir Cilik.

”Kami bersyukur sekali dalam keadaan masa pandemi yang serba terbatas, tidak mematahkan semangat adik-adik peserta PermataBankir Cilik 2019 untuk menghasilkan karya yang dapat bermanfaat bagi teman-teman mereka melalui Komik Literasi Keuangan Bankir Cilik ini. Tahun ini juga pertama kalinya PermataHati bekerjasama dengan PiBo meluncurkan komik dalam platform digital untuk menjangkau lebih banyak lagi generasi muda bangsa dan dapat diakses dengan aman dan nyaman,” ujar Richele Maramis.

PermataBankir Cilik 2019 melibatkan total 128 siswa dari 8 sekolah. Termasuk di antaranya siswa penyandang disabilitas terlibat dalam gelaran acara ke-5 di tahun ini. Melalui PermataBankir Cilik peserta tidak hanya memperoleh pengetahuan dasar keuangan, tetapi juga pendidikan pengembangan karakter untuk menanamkan jiwa kepimimpinan, kreativitas, serta kepercayaan diri.

Dalam program kali ini, terpilih 3 perwakilan sekolah, yaitu SDN Pela Mampang 08 Jakarta, SDN Pondok Kacang Barat 03 Tangerang Selatan dan SDN Pelita Bandung yang ide ceritanya diilustrasikan kembali oleh PiBO. (*)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post