Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Pentingnya Memilih Produk Perawatan Kulit pada Bayi

Artis peran Carissa Putri saat ditemui di acara peluncuran Cussons Baby SensiCare di Jakarta, Senin (5/11/2018). (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)

Produk perawatan kulit diperlukan untuk melindungi dan menjaga kelembapan kulit bayi yang sensitif. Namun pemilihan produk perawatan kulit harus ditekankan pada produk yang mengandung pH seimbang, bahan-bahan organik, dan juga yang mengandung pelembab.

JAKARTA-KABARE.ID: Kasus dermatitis atopik (kulit kering, pecah-pecah, gatal, dan bewarna kemerahan) pada bayi yang mempunyai kulit sensitif di Indonesia ditemukan sebanyak 11-15 persen dan berada di antara 10 penyakit kulit anak terbanyak, menurut Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (KSDAI) dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski).

“Dibandingkan dengan kulit orang dewasa, kulit bayi (memang) lebih tipis sehingga cenderung lebih sensitif terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya,” ujar Dr. Srie Prihianti, Sp.KK, Ketua KSDAI, Perdoski dalam acara peluncuran Cussons Baby SensiCare, di hotel JW Marriott, Jakarta, Senin (5/11/2018).

Dr. Srie menjelaskan, bayi memiliki kulit sensitif yang sangat rentan terkena gangguan kulit seperti ruam, alergi, dan iritasi. Pada bayi yang mempunyai riwayat dermatitis atopik pada diri atau keluarganya, kondisi kulit sensitif ini juga disebabkan karena proses produksi lemak ceramide yang berkurang pada kulit bayi.

Menurutnya, agar kesehatan kulit bayi terjaga dan mengurangi risiko alergi maupun iritasi, pemilihan produk perawatan kulit bayi terutama yang sensitif wajib diperhatikan. Memilih produk yang dapat meningkatkan fungsi kulit sebagai barier dapat mencegah terjadinya iritasi, alergi maupun infeksi serta membatasi hilangnya air dari dalam kulit.

“Campuran lipid seimbang (ceramide, kolesterol, asam lemak) efektif dalam meningkatkan sifat barier dan kondisi klinis kulit pada lapisan kulit yang paling luar,” ujarnya.

Hal ini juga diakui Carissa Puteri sebagai seorang ibu dengan dua anak bahwa memilih produk perawatan kulit bayi tidak mudah, apalagi untuk anak pertama. “Karena semuanya serba baru jadi sebagai seorang ibu, saya perlu memberikan perhatian ekstra dalam pemilihan produk perawatan kulit bayi,” ujar Carissa.

“Karena kulit bayi masih sangat rentan jadi ketika Quenzino masih bayi, saya sangat detil dalam memilih produk perawatan, salah satu pertimbangan saya adalah produk yang mengandung bahan-bahan alami dan teruji secara klinis,” tandas Carissa. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post