Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Penjelasan Pidi Baiq Tentang Sosok Asli Dilan

Pidi Baiq. (dilan.kwikku.com)

Sejak pertama kali diterbitkan dalam bentuk novel, banyak publik yang penasaran dengan sosok asli Dilan yang dituliskan oleh Pidi Baiq.

JAKARTA-KABARE.ID: Film Dilan 1990 berhasil meraih 3 juta lebih penonton dalam 10 hari pemutarannya sejak 25 Januari 2018. Film yang diangkat dari novel mega best seller karya Pidi Baiq ini dianggap sukses merespresentasikan sosok Milea dan Dilan, karakter utama yang ada dalam versi novelnya.

Sejak pertama kali diterbitkan dalam bentuk novel pada April 2014 (sebelumnya ditulis dalam blog pribadi Pidi Baiq pada pertengahan 2013), banyak publik yang penasaran dengan karakter Dilan yang unik ini. Ada yang menganggap Dilan adalah sosok Pidi itu sendiri, ada juga yang mengganggap Dilan adalah karakter imajinasi buatan.

Menjawab rasa penasaran tersebut, Pidi mengungkapkan alasan kenapa masih menyembunyikan sosok asli Dilan dalam akun Instagram pribadinya, Senin (5/2).

"Sebelum novelnya saya bikin, Dilan dan Milea Adnan Hussain mewanti-wanti saya untuk tidak mengungkap siapakah sebenarnya tokoh asli yang jadi Dilan atau Milea di dalam novel 'Dilan' itu," tulis Pidi mengawali penjelasannya.

Pidi kemudian menyetujui keinginan tersebut, karena bagi Dilan dan Milea hal itu penting, demi untuk terjaganya kenyamanan hidup mereka dan keluarganya. "Saya tidak akan melanggar perjanjian itu sampai mereka sendiri memberi izin untuk mengungkap asli diri mereka," katanya.

Pidi menambahkan, beberapa orang yang terlibat di dalam novel Dilan pun sudah sepakat untuk tidak akan mengungkap siapa asli diri mereka. "Jadi, kalau kemudian ada sebagian orang yang mengatakan bahwa dirinya adalah Piyan, atau Wati yang ada di novel 'Dilan', sesungguhnya mereka hanya pandai mengaku-ngaku saja," kata pria yang mengaku sebagai Imam Besar The Panasdalam ini.

Meskipun begitu, ia tetap menghargai beberapa kajian yang berusaha mengungkap siapakah tokoh asli Dilan dan Milea sebenarnya, baik itu melalui kata-kata, gambar, maupun video. "Tetapi sesungguhnya mereka hanya bisa menduga-duga saja demi meraih tujuannya sendiri yang saya tidak tahu itu untuk apa, dan kemudian saya menikmatinya dengan ketawa sambil makan kue pemberian," katanya.

Di akhir pesan itu, Pidi mengajak publik untuk menghargai keinginan Dilan dan Milea yang tidak ingin asli dirinya diungkap. Sekaligus dapat mengambil pelajaran dari kisah hidup Dilan dan Milea.

"Biarlah tetap menjadi rahasia. Yang penting kita sudah tahu ceritanya dan mudah-mudahan bisa mengambil pelajaran dari itu. Dilan dan Milea hanyalah manusia biasa, ikuti yang baiknya dan jangan ditiru keburukannya," tulis Pidi mengakhiri. (bas)

Hasil tangkap layar unggahan Instagram Pidi Baiq.

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post