Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Penimbun Masker dan Sembako Diancam Hukuman Pidana Maksimal

Foto: Ilustrasi/ MC Lumajang

Hal itu bertujuan untuk memberikan efek jera sekaligus menjadi peringatan bagi yang lainnya untuk tidak melakukan hal yang sama.

JAKARTA - KABARE.ID: Jaksa Agung Burhanuddin memerintahkan para jaksa untuk memberikan tuntutan hukuman pidana maksimal kepada para pelaku yang menimbun masker, sembako, obat-obatan, dan penyebar berita hoax terkait Virus Corona (COVID-19).

"Menyikapi fenomena penimbunan yang terjadi di tengah-tengah usaha kita bersama untuk mencegah dan menangkal COVID-19, saya selaku Jaksa Agung Republik Indonesia memerintahkan para jaksa dalam menangani kasus-kasus seperti penimbunan masker, obatan-obatan, dan kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) serta penyebar hoaks terkait Corona, agar setiap pelakunya diberikan tuntutan pidana maksimal," kata Jaksa Agung dalam keterangan tertulis yang dikutip Kabare dari Infopublik.id, Rabu (18/3/2020).

Ia mengatakan hal ini bertujuan untuk memberikan efek jera sekaligus menjadi peringatan bagi yang lainnya untuk tidak melakukan hal yang sama.

Ia pun prihatin, dalam situasi seperti ini ternyata dimanfaatkan segelintir orang untuk meraup rupiah secara tidak bertanggungjawab dengan menimbun besar-besaran masker. Bahkan di antaranya ternyata beredar masker yang berkualitas di bawah standar yang telah ditetapkan.

Menurut dia, aksi penimbunan masker ini sangat meresahkan dan membebani masyarakat, terlebih untuk strata ekonomi menengah ke bawah karena keberadaan masker yang semakin langka dan harganya kian tinggi.

Sebelumnya, Mabes Polri telah menetapkan 30 tersangka kasus penimbunan masker dan penyebar berita bohong terkait virus Corona. Ini merupakan hasil pengungkapan 17 kasus di berbagai daerah di Indonesia.

Dari 30 orang tersangka, 25 diantaranya merupakan penimbun masker dan hand sanitizer, sementara lima lainnya merupakan penyebar hoaks terkait Covid-19. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post